Minggu, 25 Januari 2009

Vihara Tertua di Tangerang Jelang Imlek

Tangerang (WANDI News) - Vihara paling tua di wilayah Tangerang, Provinsi Banten, bernama Boen Tek Bio selesai berbenah untuk menyambut dan merayakan Tahun Baru Imlek 2560 yang jatuh pada Senin (26/1).

"Perbaikan vihara sudah menjadi kegiatan rutin menjelang perayaan Imlek," kata seorang pengurus Vihara Boen Tek Bio, Tan Lie, di Tangerang.

Tan Lie mengatakan, pembenahan vihara dan persiapan perayaan dilakukan sejak satu bulan kemarin, pasalnya perayaan Imlek merupakan momen besar bagi warga tiong hoa.

Pembenahan vihara meliputi renovasi bangunan yang sudah rusak dan persiapan perayaan Imlek seperti pemasangan aksesoris lampion (lampu), lilin raksasa, dodol Cina, serta hio yang didominasi warna merah.

Tan Lie menuturkan, acara perayaan Imlek 2560 akan digelar pada Minggu (25/1) malam mulai pukul 21.00 WIB yang didahului sembayang dan panjat doa sekaligus acara perenungan dan ucapan syukur kepada Dewi Kwan Im.

"Seluruh umat memberikan doa dan memberikan sembahan kepada Dewi Kwan Im sebagai dewi penolong berupa makanan ringan," katanya.

Selain itu, pengurus dan panitia perayaan Imlek di Vihara Boen Tek Bio juga memandikan patung dewa dan mengganti abu hio lama dengan yang baru dengan cara ritual doa khusus.
◄ Newer Post Older Post ►