Jumat, 30 Januari 2009

Besan Presiden SBY Mulai Diadili

JAKARTA ↔ Mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Aulia Pohan, menjalani sidang perdana di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Jumat (30/1/2009). Sidang perdana itu beragendakan pembacaan dakwaan oleh tim jaksa dalam perkara dugaan korupsi penggunaan dana Yayasan Pengembangan Perbankan Indonesia (YPPI) sebesar Rp 100 miliar.

Aulia Pohan yang juga besan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu disidang dalam satu bekas perkara bersama tiga Deputi Gubernur lainnya, Maman H Somantri, Aslim Tadjuddin dan Bunbunan Hutapea.

Keempat orang itu diduga bertanggung jawab dalam dugaan penyelewengan dana YPPI sebesar Rp 100 miliar. Dana itu diduga digunakan untuk membiayai proses hukum sejumlah mantan petinggi BI pada 2003 serta untuk pembahasan kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) dan revisi UU BI di DPR.

Kasus aliran dana YPPI juga telah menjerat mantan Gubernur BI Burhanuddin Abdullah, mantan Deputi Direktur Hukum BI Oey Hoy Tiong, mantan Kepala Biro Gubernur BI Rusli Simanjuntak, serta mantan anggota DPR RI Antony Zeidra Abidin dan Hamka Yandhu.
◄ Newer Post Older Post ►