Kamis, 29 Januari 2009

Cawapres Megawati Baru Diumumkan pada Rakernas Berikutnya

KOMPAS/HERU SRI KUMORO
Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri menutup Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDI-P di Hotel The Sunan, Solo, Jawa Tengah, Rabu (28/1) malam. Rakernas selama dua hari ini belum merekomendasikan nama-nama figur yang akan mendampingi Megawati untuk maju pada pemilihan presiden mendatang.

SOLO, RABU — Rakernas IV PDI-P gagal mengusung calon wakil presiden. Ketua Umum DPP PDI-P Megawati Soekarnoputri menegaskan, nama bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung partai ini diumumkan pada rapat kerja nasional (rakernas) selanjutnya.

"Rapat kerja nasional yang akan datang akan menjadi puncak penentuan cawapres pendamping dalam pemilu," kata Megawati dalam penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDI-P di Solo, Rabu (28/1) malam.

Ia mengatakan, hasil rakernas di Solo ini akan ditindaklanjuti dalam rapat kerja yang diselenggarakan pada waktu dan tempat yang akan ditentukan. Menurut dia, dalam rakernas ini telah diusulkan nama sejumlah bakal cawapres yang telah dikerucutkan menjadi sejumlah nama.

Penentuan bakal cawapres yang akan diusung pada rakernas berikutnya, kata dia, sangat tergantung pada evaluasi yang situasional. Dalam penutupan ini, Rakernas PDI-P tidak mengumumkan nama-nama bakal cawapres yang akan diusung.

Sementara itu, menurut dia, beberapa bulan mendatang merupakan bulan yang sangat dinamis bagi partai politik dalam upaya memenangkan pemilu legislatif. Oleh karena itu, ia meminta seluruh pengurus PDI-P untuk segera melakukan konsolidasi dalam menghadapi pemilu legislatif.

Hasil rakernas yang tidak memunculkan nama bakal cawapres ini diakui Ketua DPC Fakfak, Papua Barat, Yosep Renmeuw. Menurut dia, dalam rakernas ini hanya menyusun kriteria calon wapres yang akan disandingkan dengan Megawati.

◄ Newer Post Older Post ►