Minggu, 25 Januari 2009

Pidato Mingguan Pertama Presiden Barack Obama

WASHINGTON, MINGGU — Presiden AS Barack Obama mempromosikan rencananya membangun industri yang ramah lingkungan, meningkatkan perlindungan asuransi keuangan serta meningkatkan tindak keamanan di pelabuhan-pelabuhan AS. Langkah itu merupakan upaya yang lebih luas dari Obama untuk menggairahkan ekonomi AS.

"Apabila kita tidak mengambil tindakan secara tegas dan cepat, kondisi ekonomi yang terpuruk akan secara dramatis berubah menjadi lebih buruk," kata Obama dalam pidato mingguan pertama kalinya sebagai Presiden AS melalui radio dan video. Obama, di antaranya, menyebutkan indikasi dari memburuknya ekonomi berdasarkan kenaikan terbesar dalam 26 tahun terakhir jumlah warga yang mengajukan tunjangan pengangguran.

Obama berupaya mempertahankan momentum bagi rencananya meningkatkan ekonomi AS agar dapat disahkan menjadi undang-undang pertengahan Februari. Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS dari Partai Demokrat mulai mempertimbangkan paket anggaran dan potongan pajak senilai 825 miliar dollar AS. Ketua DPR Nancy Pelosi menerangkan akan membawa paket ini dalam pertemuan DPR AS pada 28 Januari.

Para penasihat ekonomi Obama menerangkan, sekitar 75 persen dari paket ekonomi itu akan digunakan dalam waktu 18 bulan setelah disetujui. Obama menekankan upayanya untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berjangka panjang lewat anggaran yang diajukannya dan bukan hanya menciptakan lapangan kerja dalam waktu dekat.
◄ Newer Post Older Post ►