Sabtu, 24 Januari 2009

Bank di California Ditutup Gara-Gara Krisis

CALIFORNIA - Krisis keuangan di Amerika Serikat terus memakan korban. First Centennial Bank of Redlands yang berbasis di Westlake Village, California, ditutup oleh Departemen Keuangan California dan Federal Deposit Insurance Corp (FDIC).

Bank yang mempunyai aset sebesar USD803,3 juta dan deposito sebesar USD676,9 juta ini ditutup akibat dari resesi yang berkepanjangan.

"Para nasabah dari bank yang bagkrut tersebut secara automatis akan menjadi nasabah First California. Nasabah tidak perlu mengganti sistem perbankannya untuk menyimpan uang dan deposito mereka dalam asuransi," kata FDIC dalam pernyataannya, seperti dikutip dari Bloomberg, Sabtu (24/1/2009).

Regulator telah menutup 25 bank sepanjang tahun lalu, terbanyak sejak 1993. Kemudian menyalurkan dana asuransi dari FDIC deposit, sebesar USD34,6 miliar per 30 September 2008.

Menurut FDIC, First Centennial Bank of Redlands akan membeli sekira USD293 juta dalam aset dan akan membayar premi sebagai jaminan gagal deposito sebesar 5,3 persen.

Adapun biaya untuk dana simpanan asuransi, didukung oleh dana yang diasuransikan di bank, yakni sekira USD227 juta. First Centennial mempunyai sekira USD12,8 juta dana simpanan yang diasuransikan dan sudah melampaui batas.

Di sisi lain, First Centennial Bancorp, sebagai induk usahanya, kehilangan 99 persen nilai pasar selama pertengahan tahun ini.

FDIC, mengizinkan perusahaan swasta dan lainnya untuk melakukan penawaran pembelian aset dan deposito dari peminjam yang kehabisan uang tunai.

Sementara IndyMac Bank, yang merupakan bank penjamin terbesar keempat di AS yang bangkrut, pada 2 Januari lalu menjadi lembaga pertama yang dijual ke pribadi dengan ekuitas investor sebesar USD1,3 miliar. Penjualan dipimpin oleh Steven Mnuchin dari Dune Capital Management LP.

Bulan lalu, FDIC menyetujui anggaran untuk tahun yang menghabiskan hampir dua kali lipat menjadi USD2,2 miliar dari 2008 untuk menggaji staf dalam menangani penutupan dan USD1 miliar untuk mengelola bank yang ambruk.

FDIC saat ini mengawasi 8.384 lembaga dengan aset sebesar USD13,6 triliun dan jaminan deposito sebanyak USD250 ribu per nasabah per bank. Jumlah ini hampir dua kali lipat bulan terakhir tagihan premi ke bank untuk menambah daya jangkau dan cadangan di tengah perkiraan bahwa kegagalan bank hingga 2013 mencapai hampir USD40 miliar.

FDIC mengklasifikasikan 171 bank bermasalah pada kuartal ketiga, yang meningkat 46 persen dari kuartal kedua, dan mengatakan industri akanturun 94 persen menjadi USD 1,73 miliar dari tahun sebelumnya. Badan tidak mengidentifikasi masalah dengan nama bank.

Lembaga terbesar yang gagal dalam sejarah AS, Washington Mutual yang dijual ke JPMorgan Chase & Co (25/9/2008) setelah nasabah menarik USD 16,7 miliar deposito dalam waktu kurang dari dua bulan. Wachovia Corp telah dekat kegagalan sebelum dibeli oleh Wells Fargo & Co USD 12,7 miliar.

◄ Newer Post Older Post ►