Minggu, 08 Februari 2009

Trik Membuat Tampilan Web Lebih Atraktif

Internet saat ini tak dapat dipisahkan dalam kehidupan, seiring makin pesatnya perkembangan media telekomunikasi dan informasi menumbuhkan tren baru di masyarakat modern. Internet bukan lagi media searah namun saat ini internet khususnya web-web yang dibrowsing lebih bersifat interaktif dan dinamis. Perubahan konsep ini, mungkin tak terlalu diperhatikan.

Awalnya internet digunakan departemen pertahanan Amerika Serikat (AS) untuk memudahkan mengakses semua file yang ada dan setiap bagian dapat diakses walau di lokasi berbeda. Pada generasi selanjutnya internet lebih berkembang dan fungsinya meluas untuk masyarakat umum, yang berisi beragam informasi dan berita.

Awal perkembangannya web-web yang muncul saat kita mulai menggunakan internet berupa web sederhana yang hanya menampilkan gambar dua dimensi yang statis dan tulisan biasa saja. Dewasa ini bisa dilihat perkembangan dan perubahan dunia web yang tak disadari berubah drastis.

Sejak revolusi di dunia web mulai berjalan banyak didengar istilah web 2.0 atau internet2. Sebenarnya definisi web 2.0 atau internet2 secara pasti sampai saat ini belum ada. Namun secara konsep dan teknis web 2.0 dan internet2 lebih menarik dan inovatif dari generasi sebelumnya.

Jika pada internet1 atau web 1.0, halaman yang ditampilkan bersifat statis dan terkesan monoton satu arah saja, maka web 2.0 mulai merubah image internet itu sendiri dari sekadar memeroleh informasi juga dapat memberi informasi. Jadi informasi yang didapat dapat berjalan dua arah. Menariknya lagi, web 2.0 tak lagi bersifat monoton tapi juga interatif mulai dari segi hingga konsep yang menunjang bersifat dinamis.

Dari beberapa web saat ini banyak dilihat dalam satu halaman terdapat satu atau beberapa gambar bergerak atau animasi yang dapat ditampilkan dalam satu halaman web tertentu. Ini akan membuat pengunjung web merasakan dunia yang berbeda atau ketertarikan tersendiri, dan membuat web tampil lebih atraktif.

Konsep dari web 2.0 memang berubah dari web 1.0 di mana untuk membuat sebuah web 2.0 tak lagi terpaku pada sebuah penulisan satu macam script saja. Tapi bisa merupakan kombinasi dari beberapa script berbeda. Teknologi yang diusung juga berbeda dari web 1.0, elemen-elemen yang berubah dari web 2.0 dibandingkan web 1.0 merupakan efek dari perubahan konsep yang lahir pada web 2.0.

Teknik dan fitur yang sering ada dalam web 2.0 adalah:
1.Rich Internet Application - Rich Internet Application (RIA), merupakan aplikasi website yang memiliki fitur dan fungsi seperti aplikasi desktop. Umumnya RIA dapat berjalan pada web browser biasa tanpa memerlukan instalasi software tertentu. Keuntungannya tentu saja dengan penambahan software tersebut web yang Anda buat akan lebih menarik dan responsif.

2.Syndication - Umumnya syndication menyediakan web feed dari sebuah website untuk penggunanya, sehingga pengguna dapat mengetahui content terbaru tanpa perlu mengunjungi web tersebut. Dengan demikian, pengguna dapat mengetahui news terbaru sebuah website, ataupun pesan terbaru pada sebuah forum. Format syndication yang umum digunakan adalah RSS, ataupun atom. Kebutuhan lain dari syndication adalah untuk sebuah komunitas saling berkolaborasi, misalnya syndication dapat digunakan pada Wikipedia agar pengguna dapat memonitor perubahan yang terjadi pada content.

3.Mashup - Merupakan aplikasi web yang melakukan kombinasi data yang berasal dari lebih dari satu sumber, disajikan dalam satu content.

4.Folksonomy - Merupakan metode untuk menciptakan dan mengatur tag yang menjelaskan dan mengategorikan content. Tag tersebut umumnya merupakan hyperlink yang akan mengarahkan Anda pada sekumpulan item yang berhubungan dengan tag tersebut.

Bentuk tag tak selalu harus berupa teks, tetapi dapat juga berupa gambar. Sekumpulan tag yang saling terkait dengan persamaan bentuk sering juga disebut dengan tag cloud, umumnya tag cloud memiliki 30 hingga 150 tag.
◄ Newer Post Older Post ►