Jumat, 27 Februari 2009

Dinosaurus Omnivora Ditemukan di Argentina

BUENOS AIRES, Fosil seekor dinosaurus raksasa yang ditemukan di Argentina ditengarai sebagai omnivora atau pemakan daging maupun tumbuh-tumbuhan. Ia merupakan spesies peralihan antara dinosaurus pemakan tumbuhan dan dinosaurus pemakan daging.

Foto: Dinosaurus (ilustrasi)

"Ini bagian terpenting dalam teka-teki mengenai asal-usul dinosaurus," ujar Oscar Alcober, direktur Natural Sciences Museum di San Juan, 1200 kilometer barat Buenos Aires, Argentina.

Alcober menemukan fosil tersebut di taman fosil Ischigualasto-Valle de la Luna tiga tahun lalu bersama Ricardo Martinez, kepala divisi paleontologi museum yang sama. Hasil penemuannya dideskripsikan dalam jurnal online di PlosOne.org.

Selama ini wilayah Argentina dikenal sebagai surga penemuan fosil karena banyak serta beragamnya temuan fosil di negara tersebut. Pada tahun 1980-an ditemukan fosil dinosaurus terbesar pemakan tumbuhan di Neuquen, Argentinosaurus huinculensis yang panjang tubuhnya mencapai 40 meter. Kemudian pada tahun 1993 ditemukan pula fosil dinosaurus terbesar pemakan daging, Giganotosaurus carolinii. lihat sumbernya...

◄ Newer Post Older Post ►