Senin, 16 Februari 2009

Kesempatan Langka Melihat 5 Planet

Bulan ini kita memiliki kesempatan langka bisa melihat lima planet dengan mata telanjang. Planet Uranus, Neptunus dan Pluto sebelumnya tidak pernah bisa dilihat dengan mata telanjang.

Planet bergerak di angkasa dan makin terang dan gelap tergantung lokasinya di orbit terhadap matahari. Dua diantaranya bisa dilihat pada malam hari, sedangkan tiga lainnya bisa dilihat saat fajar berada di timur laut.

Untuk melihat keindahan planet Venus dengan mata telanjang bisa dilakukan pada pekan ini. Cahaya planet ini seperti obor berada di angkasa sebelah barat. Pada saat ini, planet itu sedang terang-terangnya dan kemungkinan tidak sulit untuk mencarinya.

Di akhir bulan, Venus memiliki ukuran sedikit lebih kecil dari Jupiter. Tapi terdapat garis abu-abu yang menutupi planet.

Saat matahari tenggelam dan angkasa sedang terang, Venus akan terlihat seperti bulan purnama tiga hari dengan ketinggian 1,5 derajat.

Planet lain yang bisa diamati adalah Saturnus. Pekan ini ada di atas cakrawala sebelum timur, 90 menit setelah matahari tenggelam.

Pada 8 Maret, setelah posisinya berlawanan dengan matahari Saturnus akan terlihat dari magrib hingga fajar. Dua hari kemudian, pada 10 Maret Saturnus akan mirip seperti bulan purnama.

Jika memiliki teleskop, setidaknya berkekuatan 30, sistem cincin planet Saturnus juga bisa dilihat. Cincin terbuka perlahan 2.3 derajat pada akhir Februari dan akan kembali tertutup.

Planet lain yang bisa diamati di pagi hari adalh Yupiter dan Merkurius. Tapi planet ini lebih sulit dilihat.

◄ Newer Post Older Post ►