Kamis, 12 Februari 2009

Beckham Catat Rekor, Inggris Tetap Kalah

David Beckham berhasil menyamai rekor Bobby Moore setelah ia tampil bersama tim Inggris dalam duel persahabatan lawan Spanyol, Rabu (10/2). Namun, Inggris tetap kalah dari juara Eropa tersebut dengan skor 2-0 (1-0).

Pelatih Inggris Fabio Capello menepati janjinya dengan menurunkan beberapa pemain junior sebagai starter. Beckham menjadi pemain cadangan baru turun dalam babak kedua. Sebaliknya, Spanyol langsung turun dengan tim terbaik seperti saat mereka menjuarai Piala Eropa.

Sepanjang babak pertama, Inggris mampu mengimbangi permainan "La Furia Roja". Gabriel Agbonlahor hampir membuat penonton di Stadion Ramon Sanchez Pizjuan kecewa ketika tendangannya menembus pertahanan tuan rumah. Kiper Spanyol, Iker Casillas, tidak berhasil menggapai bola, tapi bidikan Agbonhalor melenceng. Gerakan Shaun Wright-Phillips juga membahayakan tapi kuartet pertahanan Spanyol tegas memberi pengamanan terhadap gelandang Manchester City ini.

Sayang, penampilan memikat "The Three Lions" di menit-menit awal itu tidak diimbangi kedisiplinan barisan belakang. John Terry dkk belum padu memagari gawang David James. James juga kurang lengket menangkap bola dan blunder-nya hampir berbuah gol ke gawang sendiri.

Goyahnya benteng Inggris itu mulai mengkhawatirkan pada menit ke-26. David Villa mendapat umpan dari tengah dan berhasil melepas tembakan ke gawang James. Gol itu dianulir karena pemain Valencia tersebut sebelumnya berdiri dalam posisi offside.

Sepuluh menit kemudian, Villa tak mengulangi kesalahannya. Kiriman bola dari Xabi Alonso dibawanya ke kotak penalti. Terry datang terlambat, sementara Phil Jagielka tak dapat menghentikan gerakan Villa. Bola yang tak terlalu keras dari Villa bergulir ke pojok kiri gawang James.

Bek Inggris semakin grogi menghadapi serbuan Villa dan Fernando Torres. Sebaliknya, pemain-pemain Spanyol semakin berani memberikan terapi kejut ke gawang James. Para penyerang lapis kedua mereka percaya diri melepaskan tendangan-tendangan dari luar kotak penalti meski tak satu pun membuahkan gol hingga turun minum.

Di babak kedua, barulah Capello menurunkan sejumlah pemain senior termasuk Beckham, yang mencatat penampilan ke-108 bersama "Saint George Cross". Akan tetapi, Spanyol tetap menunjukkan dominasinya lewat serangan-serangan yang dibangun Sergio Ramos dari sayap kanan.

Satu kesempatan emas Inggris diperoleh Wright-Phillips pada menit ke-71. Akan tetapi, tendangannya lengket di genggaman kiper kedua Spanyol, Pepe Reina. Dua menit kemudian, giliran Peter Crouch dikecewakan oleh kiper Liverpool tersebut.

Upaya Capello memasukkan pemain debutan Charlton Cole pun tak membuahkan hasil. Justru bek Matthew Upson dan Glen Johnson membuat kesalahan yang membuat gawangnya bobol tujuh menit sebelum bubar. Upson gagal mengusir tendangan bebas Xavi Hernandez, sementara Johnson membiarkan Fernando Llorente bebas menyambut bola. Sekali sundul, gawang James bergetar lagi.

Wright-Phillips sebetulnya hampir memberikan satu gol untuk tim tamu. Menerima umpan terobosan dari Beckham, Phillips melewati Reina di kotak penalti. Tendangan Phillips dari sudut sempit menuju ke gawang, tapi Carlos Marchena datang tepat waktu dan mengusirnya.

Bagi Capello, ini adalah kekalahan keduanya sejak mengambil alih tugas Steve McClarence tahun lalu. Kekalahan pertama Capello terjadi saat timnya melawan Perancis dalam duel persahabatan pada Maret 2008.

Susunan pemain:
Spanyol:
Casillas (Reina 46); Capdevila (Arbeloa 46), Pique, Albiol (Marchena 75), Ramos; Iniesta, Alonso, Senna, Xavi (Guiza 84); Villa (Silva 53), Torres (Llorente 64)
Inggris: James (Green 46); A. Cole, Terry, Jagielka (Upson 46), Johnson; Downing (Beckham 46), Barry (Lampard 46), Carrick, Wright-Phillips; Agbonlahor (C. Cole 76), Heskey (Crouch 46)

◄ Newer Post Older Post ►