Rabu, 25 Juli 2012

Pengolahan Daging menjadi Spaghetti Bakso Bayam

Pengolahan Daging menjadi Spaghetti Bakso Bayam


Daging dapat dijadikan olahan pangan yang disukai masyarakat, salah satunya yaitu bakso. Bakso adalah bola daging. Bakso merupakan salah satu produk pangan hasil pengolahan daging yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia dan relatif murah. Pengolahan daging memiliki banyak nilai tambah antara lain memperpanjang umur simpan, mudah dikonsumsi serta mempunyai rasa dan aroma yang dapat disesuaikan.

Ditinjau dari aspek gizi, daging sapi mempunyai kandungan protein yang tinggi dan memiliki asam essensial yang lengkap sehingga bakso dari daging sapi memiliki citarasa yang lezat. Daging yang biasa digunakan untuk pembuatan bakso adalah daging segar (pre-rigor), karena masih memiliki daya mengikat air yang tinggi sehingga akan menghasilkan bakso yang lebih kenyal.

Cara pembuatan bakso saat ini telah banyak mengalami modifikasi dan inovasi baru, dengan penambahan bahan-bahan pangan lain yang memberikan manfaat yang berbeda-beda. Salah satunya dengan menambahkan bahan lain ke dalam adonan bakso yaitu penambahan bayam.

Penambahan bayam dalam adonan mempunyai tujuan untuk menambah menarik tekstur bakso serta memiliki fungsi yang bagus untuk kesehatan.selain penambahan bayam kelompok kami juga menambahkan spaghetti sebagai bahan pembantu penyajian. Modifikasi ini dinamakan spaghetti bakso bayam. Untuk lebih memahami pembuatan dan produksi spaghetti bakso bayam ini beserta analisis usahanya, maka dilakukanlah praktikum pembuatan bakso.

Tujuan

Tujuan dari praktikum ini adalah untuk mengetahui cara pembuatan bakso dengan berbagai macam modifikasi dan penambahan bahan tambahan serta menguji hedonik bakso yang telah diproduksi.

Silahkan download Laporan Praktikum Pengolahan Daging menjadi Spaghetti Bakso Bayam lengkap di sini.
◄ Newer Post Older Post ►