Senin, 23 Juli 2012

Dahlan Segera Coba Mobil Listrik "Sekelas Ferrari"

Menteri BUMN Dahlan Iskan memang sudah enam hari melakukan uji coba mobil listrik berkonsep city car buatan Dasep Ahmadi, mantan karyawan PT Pindad. Namun, sebentar lagi, Dahlan akan memamerkan mobil listrik dengan desain "sekelas Ferrari".

mobil listrik sekelas Ferrari dahlan iskan
Menteri BUMN Dahlan Iskan pesan dua unit mobil listrik sekelas Ferrari

Rencananya, selepas rapat koordinasi dengan Menteri Perekonomian tentang mobil listrik siang ini, Dahlan Iskan akan langsung menuju DI Yogyakarta untuk melihat perkembangan pembuatan mobil listrik 'sekelas Ferrari' tersebut. "Sekarang masih dibuat. Tiga minggu lagi akan saya ambil di Yogyakarta," kata Dahlan di Kantor Kementerian BUMN Jakarta, Senin (23/7/2012).

Dalam perjalanannya ke Yogyakarta, Dahlan memang ingin mengunjungi pabrik mobil listrik dengan desain mirip mobil Ferrari. Mobil tersebut juga dibuat dengan warna ngejreng, yaitu merah. Beda dengan mobil listrik buatan Ahmadi yang berwarna hijau dan dengan teknologi yang standar, mobil listrik "sekelas Ferrari" ini akan memiliki sejumlah fitur teknologi kelas atas (high end).

Namun terkait nama mobil listrik terbaru ini, Dahlan enggan berspekulasi. Rencananya, mobil listrik ini akan diberikan nama oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara langsung. "Jangan Ferrari namanya, nanti yang punya Ferrari marah. Yang penting mobil high end," katanya.

Sekadar catatan, mobil listrik sekelas Ferrari ini memang dibanderol cukup mahal, yaitu Rp 1,5 miliar per unit. Sampai saat ini sudah 40 unit dipesan, termasuk pesanan milik Presiden SBY.

Mobil listrik di Yogyakarta ini dirakit oleh Danet Suryatama. Insinyur lulusan ITS dengan gelar doktor dari Michigan, AS, ini sudah lebih 10 tahun menjadi engineer di pabrik mobil AS. Saat ini, prototipe mobil listrik sport itu sudah dibuat. Prototipe mobil listrik itu akan diperkenalkan pada Agustus mendatang dan mulai diproduksi secara massal pada awal 2013. 



Sumber : Kompas
◄ Newer Post Older Post ►