Selasa, 17 Juli 2012

Cara Mudah Meningkatkan Ranking Alexa

Cara meningkatkan ranking alexa - Alexa sangat tenar di kalangan para blogger. Hampir semua blogger sudah tahu dan mengerti mengenai apa itu alexa. Alexa akan memberikan info seputar peringkat sebuah website. Peringkat website itu didasarkan pada seberapa besar kunjungan ke sebuah website, semakin banyak pengunjung, semakin ramping peringkat alexanya karena menurut alexa makin ramai pengunjung sebuah blog / website makin populer pula website/blog tersebut di mata alexa. Istilah kerennya sih traffic, makin bagus / banyak traffic makin ramping pula peringkat alexanya.
Dulu, jamannya awal-awal mengenal dunia blog, hmm.. saya sendiri juga nggak ngerti apa itu alexa, gunanya untuk apa, kok muncul angka-angka peringkat global rank itu buat apa ( pas jalan-jalan lihat blog tetangga ) dan ketidaktahuan-ketidaktahuan saya yang lain lah pokoknya hehe. Eh, seiring berjalannya waktu dan berusaha menggali ilmu dari sana sini akhirnya saya ngerti juga apa itu alexa, alexa rank, cara memasang widgetnya bagaimana, dan lain-lain. Awal pertama memasang widget alexa, yang tertera di widget alexa blog saya, cuma tulisan / keterangan "No data" heehe..maklum blog ini memang susah buat diajak naik kelas peringkat alexa hehe..soalnya isinya juga yah, kalian tahu sendiri lah setelah nyasar di blog ini dan baca-baca artikel laiinya di blog ini hehe..kontennya pas-pasan saja hehe dan banyak copasnya alias copy paste hehe. Tetapi alhamdulillah setelah sekian lama, peringkat alexa blog ini sedikit demi sedikit naik juga alias makin menciut hehe..disyukuri alhamdulillah. Dan saya sudah sedikit banyak belajar untuk membuat postingan / artikel yang murni hasil karya saya sendiri bukan hasil copas hehe.

Peringkat website yang tertera pada widget alexa atau yang tertera ketika langsung check peringkat alexa langsung dari website alexa ( bagi yang tidak memasang widget alexa ) itu dalam ukuran seluruh dunia atau global rank, jadi misalnya peringkat alexa sebuah website adalah 120.000 , nah itu berarti website tersebut berada pada peringkat 120.000 dari total semua website dari seluruh dunia. Hmm, sudah agak tahu kan sekarang? bagi yang blog / websitenya sudah masuk kategori yang menghasilkan uang, alexa rank alias peringkat alexa pasti akan sangat menentukan dan sangat perlu untuk diperhatikan oleh sang empunya blog / website. Karena, biasanya makin ramai pengunjung yang mengunjungi blognya, biasanya akan makin melimpah pula pendapatannya. Dan peringkat alexa merupakan salah satu patokan bagi sebuah website / blog untuk bisa diterima sebagai publisher sebuah iklan. Makin ramping alexa rank / peringkat alexa, hmm makin besar kemungkinan untuk bisa diterima menjadi publisher iklan.

Bagi yang blog atau websitenya di set geografis ke negara tertentu, misalnya blog ini geografisnya telah di set ke Indonesia, nanti selain global rank, akan muncul juga peringkat untuk negara Indonesia. Jadi, peringkat website / blog ini untuk ukuran seluruh blog / website Indonesia akan muncul juga. Hmm, keren kan ? Kebetulan blog saya ini memang saya set geografisnya memang ke Indonesia hehe. Jadi, selain global rank yang muncul, ada juga Rank ID nya, Untuk contohnya, akan saya ambilkan dari peringkat alexa blog ini:
( gambar peringkat alexa blog ini saat postingan ini dibuat )
Setelah sudah sedikit mengetahui apa itu alexa dan fungsinya, lantas apa cuma sebatas tahu saja terus nggak ngapa-ngapain? nah sudah barang tentu tidak kan? pasti kita pengen gimana caranya agar peringkat alexa kita meningkat alias menciut peringkatnya. Nggak tahu juga sih kalau yang punya website atau blog memang hanya untuk buku harian online saja, untuk keperluan tulis-menulis secara pribadi tanpa mempedulikan peringkat alexa, yah itu sih urusan dan selera masing-masing blogger hehe. Tetapi, memang kebanyakan para blogger akan berusaha untuk meningkatkan peringkat alexa website/blog mereka masing-masing. Rasanya gimana gitu kalau lihat peringkat alexa yang "wow" alias makin menciut angkanya / peringkatnya hehe.

Lalu bagaimana sih cara untuk meningkatkan alexa rank alias ranking alexa? hmm, pertanyaan yang sangat sering ditanyakan dan mungkin sudah beribu artikel yang membahas mengenai ini hehe. Tetapi nggak apa-apa deh kali ini artikel mengenai hal ini dibahas lagi, kali aja ada yang belum ngerti dan pengen tahu hehe ya nggak ? Oke mari kita bahas bagaimana Cara meningkatkan ranking alexa.

Langsung saja ya daripada kelamaan nanti malah kesannya terlalu banyak muter-muter saja nih artikel hehe. Dan saya menganggap kalian sudah mempunyai akun / jadi member alexa ya, dan saya anggap juga website / blog kalian sudah diverifikasi juga alexanya hehe. Kan setelah kalian daftarin blog/ website kalian di alexa, nanti ada juga tuh kode yang harus ditaruh di dalam website kalian. Nah setelah kalian taruh kodenya di dalam script website kalian, nah tinggal diverifikasi di alexanya, kalau sudah, nah itu tandanya website kalian sudah terverifikasi alexa. Kalau saya salah mohon dilurusakan ya hehe ( CMIIW ). Oke, ini dia beberapa caranya. Simak baik-baik ya.
Cara meningkatkan ranking alexa :
1. Berusahalah untuk rutin memposting alias rajin-rajinlah bikin posting di blog / website kalian masing-masing. Ternyata dengan rajin membuat posting akan mampu mempengaruhi peringkat alexa ( ini saya buktikan sendiri dan dari info-info dari para blogger lain hehe ). 
2. Berusahalah agar blog / website kalian banyak dikunjungi visitor. Kan tadi sudah saya bilang kalau blog makin ramai dikunjungi, makin top / populer pula website tersebut di mata alexa hehe. Kalau cara membuat blog ramai dikunjungi, kalian cari tahu sendiri saja ya hehe..banyak cara gimana agar blog ramai pengunjung. 
3. Pasanglah alexa toolbar. Ajaklah/rayulah pengunjung blog/website kalian untuk memasang alexa toolbar. Apalagi kalian mampu menyihir hehe alias mampu mengajak para visitor blog / website kalian untuk memasang alexa toolbar dari homepage blog kalian, wuih mantep pake banget tuh.  Jika visitor/pengunjung blog/website kalian memasang alexa toolbar blog kalian dan mempergunakan homepage blog kalian sebagai homepage browser mereka ( maksudnya tiap kali membuka browser, homepage blog kalian yang jadi defaultnya, jadi tiap buka browser blog kalian akan selalu terbuka terus ). Karena menurut ilmu dari para master-master hehe, makin sering blog dibuka oleh browser yang terpasang alexa toolbar, makin populer pula blog / website itu. Jadi, kalian sendiri jangan lupa untuk memasang alexa toolbar pada browser kalian masing-masing ya. Makin sering kalian membuka website kalian dengan browser kalian yang sudah terpasang alexa toolbar..wehwehweh tinggal ngitung aja tuh berapa kali kalian membuka website/blog kalian dalam sehari. Hmm, saya yakin kalian pasti sering banget membuka website / blog kalian sendiri hehe..iyalah namanya juga website sendiri, pasti seringlah membuka lah hehe. Nih contoh gambar dimana kalian bisa memasang toolbar alexa :
Nah, di bagian site tools ini, alexa toolbar creator, ini nanti bisa digunakan untuk membuat toolbar homepage blog / website kalian, banyak pilihan pada bagian ini. Kalian bisa membuat sesuka kalian, ada toolbar facebook blog kalian, twitter, homepage blog / website kalian. Nama toolbarnya silahkan kalian namai sesuka kalian, yah kalo saya sih mendingan toolbarnya dinamai sesuai nama blog / website hehe. Hmm, tertarik? segera bikin saja hehe.

4. Review blog. Nah, sudah tahu belum apa itu review ? agar lebih mengerti apa itu review, ini sudah saya sediakan gambar , semoga bisa sedikit memudahkan kalian :

Jadi keika kalian membuka alexa, maksudnya peringkat alexa sebuah website, maka akan ada tab review, nah disitulah tempat yang digunakan untuk mengisikan review terhadap blog yang sedang kalian check peringkatnya tersebut, blog saya ini belum ada yang mereview hehe boleh juga jika kalian mereview blog saya ini hehe. Kalo mereview di isi yang baik-baik ya hehe. Jangan yang jelek, biar blog ini peringkatnya naik. Nah, dengan cara mengajak mereview blog kalian dan disikan review yang baik-baik wah, konon katanya akan sangat membantu menaikkan alias menciutkan alexa rank secara signifikan. Wuih mantep kan..kalo cara mereviewnya, gampang kok dan untuk memudahkan pengunjung mereview blog kalian, pasang saja widget review di blog / website kalian yang nantinya jika di klik langsung menuju ke bagian review. Nah biar nggak penasaran dan semoga bisa membantu dalam memahaminya, nih sudah saya siapkan contoh gambar widget reviewnya :
Nah pilih saja salah satu widget yang sudah tersedia. Pilih widget review sesuai selera kalian masing-masing, dan pasang widget reviewnya di website kalian masing-masing.

5. Buatlah artikel / postingan yang membahas tentang alexa. Yah, seperti yang sedang kalian baca ini juga membahas tentang alexa kan? hehe..konon katanya dan sepertinya memang benar adanya, dengan kalian membuat artikel / postingan mengenai alexa, nantinya akan dapat meningkatkan alexa rank alias ranking alexa website / blog kalian. Wah, mantap kan ? gimana? tertarik? hmm, silahkan dipraktekkan hehe.

6. Pasanglah widget alexa. Widget alexa kan memudahkan kalian untuk memantau perkembangan ranking alexa blog / website kalian, karena widget ini memang harus dipasang di blog / website kalian juga. Contoh gambarnya sob bagaimana untuk membuat widget alexa :
Nah, mungkin itulah beberapa cara bagaimana meningkatkan ranking alexa website / blog. Kalau memang ada cara-cara yang lainnya silahkan komentar ya, biar saya juga jadi tambah tahu dan wawasan saya juga nambah lagi hehe. Saya hanya mencoba berbagi sesuai dengan pengetahuan yang saya miliki, dan saya masih merasa pengetahuan saya masih pas-pasan hehe, jadi ya kita belajar bareng-bareng saja dan saling berbagi informasi dan pengetahuan sehingga kalau ada yang sudah tahu dan yang lain belum tahu jadi bisa saling menutupi satu dengan yang lainnya. Saya tahu ini, kalian tahu itu, nah saling bertukar informasi deh pokoknya, jadi kita semua saling diuntungkan hehe. Simbiosis mutualisme lah ehehe. Nah, kebetulan saya pribadi memang tidak memasang widget alexa dan widget review alexa. Loh kenapa tidak memasangnya? nah, itulah..karena memang ada alasan dan pertimbangan pribadi saya sendiri saja hehe jadi tidak memasangnya. 

Tips di atas saya dapatkan/copy dari blog sahabat kita di sini
◄ Newer Post Older Post ►