Jumat, 27 Juli 2012

Jelajah Perut Bumi dalam Gua Terpanjang di Dunia

Anda Mengaku sebagai petualang? Coba dulu menjelajahi perut bumi di Mammoth Cave National Park, Kentucky, AS Anda akan dibuat terperangah dengan keeksotisan arsitektur alamnya yang juga dikenal sebagai gua terpanjang di dunia.

Pintu masuk menuju Mammoth Cave

Pintu masuk menuju Mammoth Cave (www.wayfaring.info)

Sudah rahasia umum kalau planet ini memiliki berjuta keajaiban dan pesona alam yang menakjubkan. Salah satu keajaiban alam yang paling memukau adalah wisata gua. Wisata ini punya tantangan tersendiri, dimana bisa mengajak para pelancong untuk menikmati keindahan yang berada di dalam perut bumi.

Salah satu jelajah perut bumi yang paling memukau adalah Mammoth Cave National Park. Mammoth Cave berada di pusat Kota Kentucky, Amerika Serikat. pastikan mata Anda tidak berkedip saat menikmati keindahan setiap detil asrsitektur bawah tanah buatan alam ini.

Menengok situs National Park Services, Jumat (27/7/2012), sistem kehidupan alam Mammoth Cave dipertahankan dalam bentuk yang masih sangat alami. Mammoth Cave juga ditetapkan sebagai gua terpanjang di dunia, dengan panjang sekitar 390 mil atau sekitar 627,6 km.

Tidak hanya melihat bebatuan yang berada di dalam gua, wisatawan juga bisa melihat Green River. Salah satu sudut perjalanan di dalam gua ini akanmembawa pelancong pada keindahan perbukitan yang berada di sebelah selatan Kota Kentucky.


Suasana dalam Mammoth Cave

Suasana dalam Mammoth Cave (kvm429.webexpertia.eu)

Dengan berbagai keunggulannya, pada Oktober 1981 Mammoth Cave masuk sebagai situs warisan dunia dan cagar biosfer internasional. Banyak atraksi yang bisa wisatawan temukan di dalam gua ini. Beberapa fitur utama gua, seperti Grand Avenue, Frozen Niagara, and Fat Man's Misery, bisa Anda lihat dan temukan selama perjalanan.

Panorama lembah hijau yang berada di dalam Mammoth Cave

Panorama lembah hijau yang berada di dalam Mammoth Cave (wonderfull-tourism.blogspot.com)



Dalam perjalanan bawah tanah ini, wisatawan harus didampingi oleh pemandu wisata. Menyusuri jalur gua yang gelap tak jarang menimbulkan kesan seram. Selama perjalanan, selain lampu-lampu yang ada di dalam gua, pelancong juga dibekali dengan lampu parafin (lampu minyak tanah).

Keindahan dalam Mammoth Cave terbentuk dari lapisan batu pasir. Bila Anda memperhatikan dengan detil, perjalanan di perut bumi ini berbentuk seperti labirin raksasa. Wisatawan harus mengikuti jalur yang sudah disediakan oleh pengelola. Cahaya-cahaya lampu yang redup berusaha menerangi setiap langkah pelancong. Tidak hanya sebagai penerang, cahaya lampu tersebut juga membuat tekstur dinding, stalagmit, dan stalagtit gua terlihat semakin eksotis.

Suasana perkemahan di area Mammoth Cave National Park

Suasana perkemahan di area Mammoth Cave National Park (www.jellystonemammothcave.com)

Banyak hal yang bisa traveler temukan dalam perjalanan ini. Bahkan beberpa dari pelancong yang masih berstatus sebagai pelajar sengaja datang ke Mammoth Cave untuk melakukan penelitian ataupun kepentingan lainnya.

Untuk mendapatkan informasi lebih, wisatawan bisa bertanya kepada pemandu, mulai dari formasi gua, sejarah gua saat kini dan sebelum prasejarah. Tidak hanya itu, masih banyak yang bisa wisatawan lakukan di area Mammoth Cave, Anda bisa berkemah, trekking, dan Echo River Tour atau menjelajah sungai bawah tanah yang berada di dalam Mammoth Cave.


Sumber : Detik Travel
◄ Newer Post Older Post ►