Senin, 23 Juli 2012

Google Fiber Download 1 Film HD dalam Hitungan Menit

Koneksi super cepat dari google dengan nama Google Fiber tak lama lagi akan dinikmati penduduk kota Kansas City (negara bagian Kansas) dan Kansas City (negara bagian Missouri) di Amerika Serikat. Tanggal 26 Juli nanti, Google Fiber, layanan koneksi internet berbasis jaringan fiber optik, akan diresmikan di dua kota itu.

google fiber


Kecepatan koneksi internet yang ditawarkan Google terbilang luar biasa, mencapai 1 Gbps atau sekitar 100 kali lebih kencang dari kecepatan koneksi internet maksimum yang bisa diperoleh di Amerika Serikat hingga saat ini.

Saking cepatnya, sebuah film HD utuh bisa di-download dalam hitungan menit. Pengguna pun bisa melakukan streaming lebih dari satu video HD dalam waktu bersamaan.

Sebagai gambaran, file sebuah film kualitas tinggi (high definition) yang biasanya harus diunduh selama 2 jam 11 menit, dengan Google Fiber bisa diunduh kurang dari 2 menit (maksimal 120 detik).

Kemungkinan lainnya termasuk menggabungkan layanan internet, TV, dan telepon dalam satu sambungan Google Fiber.

Proyek Google Fiber –kependekan dari “Google Fiber for Communities”- pertama kali diperkenalkan pada awal 2010.

Belasan kota-kota di Amerika Serikat pada waktu itu mencalonkan diri agar bisa menjadi tempat pertama di mana Google Fiber akan diterapkan. Google akhirnya memilih Kansas City di Kansas dan Missouri.

Dua kota yang bernama sama ini dijadikan ladang percobaan Google untuk produk dan layanan-layanan yang didesain untuk koneksi internet berkecepatan tinggi.

Google berencana mengetes teknik-teknik baru untuk instalasi kabel fiber optik yang mahal dan rapuh.



Sumber : Kompas
◄ Newer Post Older Post ►