Sabtu, 14 Maret 2009

Robot Tukang Kebun Siap Pelihara Tomat

Robot memang digadang-gadang bakal menggantikan tugas-tugas manusia. Tak menutup kemungkinan suatu saat kebun yang menghijau di halaman rumah pun bakal diurus oleh benda canggih ini.

Demikian yang diimpikan oleh para akademisi di Massachussets Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat. Sebagai tahap awal, mereka menciptakan sebuah robot yang 'berprofesi' sebagai tukang kebun untuk merawat tanaman tomat.

Dilansir CoolestGadget dan dikutip detikINET, Jumat (13/3/2009), tanaman yang dirawat dibekali sensor sehingga bisa dilacak oleh si robot. Jika tanaman tersebut membutuhkan air atau nutrisi tertentu, mereka bisa mengirimkan sinyal pada si robot.

Robot pun bakal tanggap. Tubuhnya sudah dibekali pemompa air dan juga lengan untuk merawat tanaman. Dan jika sudah tiba musim panen, si robot bakal memetik dan mengumpulkan tomat yang sudah ranum. Manusia pemiliknya pun tinggal berleha-leha.

Tujuan jangka panjang proyek MIT ini adalah untuk membuat sebuah ladang tanaman yang bisa beroperasi mandiri tanpa campur tangan manusia sama sekali. lihat sumbernya...
◄ Newer Post Older Post ►