Senin, 23 Maret 2009

Ilmuwan Bikin Otot Robot Lebih Kuat dari Baja

Para ilmuwan menciptakan sebuah material baru yang diklaim lebih kuat ketimbang baja dan lebih kaku daripada berlian. Hebatnya, bobotnya relatif ringan sehingga disebut-sebut bisa jadi otot buatan yang sempurna bagi robot di masa depan.

Barangkali material itu cocok diterapkan untuk robot militer agar makin tangguh dalam menghadapi serangan para musuh di medan perang.

Seperti dilansir HinduTimes dan dikutip detikINET, Senin (23/3/2009), material mutakhir tersebut dikembangkan oleh para ilmuwan di University of Texas, Amerika Serikat.

"Kami membuat tipe baru otot artifisial dengan karakteristik yang tidak ada sebelumnya," kata Ray Baughman, salah satu pembuat material tersebut.

Bahan baru ini dikatakan dapat berkembang sampai 220 persen dari ukuran aslinya ketika dihubungkan dengan listrik. Dibandingkan dengan otot mahkluk hidup, para ilmuwan pembuatnya mengklaim bahwa material tersebut jauh lebih kuat ketika menghadapi tekanan.

Dr John Madden dari University of British Columbia di Vancouver, Kanada menyatakan bahwa material itu memadukan bahan-bahan yang ada di berlian dan karet. Selain untuk robot, tidak menutup kemungkinan bahan ini juga bakal dipakai untuk keperluan medis. (detikinet.com)
◄ Newer Post Older Post ►