Minggu, 08 Maret 2009

Lima Cara Cegah Sakit Punggung

Salah satu penyebab sakit punggung adalah tulang yang tidak kuat. Yang kita ketahui, asupan kalsium sangat penting untuk memperkuat tulang. Namun, peneliti Jepang menemukan bahwa, ada beberapa nutrisi dan cara lain untuk menjaga kesehatan tulang, antara lain:

Vitamin K
Vitamin K bisa ditemukan pada brokoli, bayam dan sayur dedaunan lainnya yang berwarna hijau gelap.Vitamin K dapat mempertahankan deposit kalsium dalam tubuh. Makin kuat tulang, otomatis tubuh pun kuat. Sebab, tulang ibarat penopang tubuh, yang bisa mengurangi kemungkinan cedera yang menyebabkan nyeri pada punggung.

Gunakan tas melintang
Jika sehari-hari Anda membawa tas atau beban yang beratnya mencapai 10 persen dari berat badan, hal ini bisa mengganggu kesehatan tulang punggung. Jika Anda sering membawa beban berat, gunakan tas melintang. Dan, sebaiknya tiap lima belas menit, tas dipindahkan ke bagian bahu yang lain.

Perhatikan tipe kasur
Jangan sepelekan tidur. Kasur yang keras tidak akan menunjang punggung Anda. Studi terbaru pada tulang belakang menemukan bahwa orang yang tidur dengan kasur yang lebih lembut dilaporkan kurang memiliki nyeri pada punggung dibandingkan mereka yang
tidur pada kasur keras.

Hal sama juga berlaku pada bantal. Anda disarankan tidak merebahkan kepala lebih tinggi dari pada tulang belakang, Jika terbiasa tidur secara telungkup maka dagu sebaiknya tidak terlalu menekan dada. Tapi, jika Anda tipe orang yang suka tidur miring, sebaiknya saat berbaring tidak membuat tubuh melengkung.

Mengencangkan otot perut
Memiliki otot yang kuat dapat melindungi dari cedera punggung. Caranya, lalukan gerakan mengencangkan otot bagian perut sebanyak tiga kali seminggu. Gerakannya, tidur dengan kaki menekuk. Telapak kaki rata dengan lantai. Usahakan punggung rata dengan lantai. Tekan perut hingga terasa kontraksi. Otot panggul sebaiknya diangkat sedikit dari lantai.

Perhatikan posisi duduk
Cara terakhir untuk mencegah sakit punggung adalah dengan memiliki postur tubuh yang baik. Duduk selama delapan jam sehari bisa membuat beberapa masalah pada punggung. Pastikan untuk duduk dengan punggung menempel pada kursi. Kedua kaki rata dengan lantai.

Pilihan lainnya, coba gunakan bola keseimbangan sebagai kursi Anda. Pertahankan posisi dalam 20 menit. Jika terasa nyaman, maka teruskan. (vivanews.com)
◄ Newer Post Older Post ►