Jumat, 13 Juli 2012

Waspadalah ! 432 Ribu Password Email Bocor

VIVAnews - Password atau kata sandi menjadi bagian penting untuk melindungi privasi akun, termasuk akun email. Saat ini dilaporkan sebanyak 432 ribu password akun email telah bocor. Password email yang telah bocor didapatkan dari file Yahoo lama yang dikaitkan dengan Yahoo! Contributor Network. Yahoo membela diri dengan klaim hanya sekitar 5 persen dari akun password valid yang bermasalah. Bagaimana jika password akun email Anda yang dicuri?

Perusahaan keamanan internet, Sucuri telah menyediakan sebuah situs untuk mengecek apabila password email Anda bocor. Situs ini juga melayani pengecekan akun email selain Yahoo. Sucuri mencatat password yang dicuri paling banyak menimpa akun email Yahoo.com yakni sebesar 135.599 email. Tapi, selain Yahoo ada juga akun lain. Sebanyak 106.185 password berasal dari Gmail.com, 54.393 dari Hotmail.com, 24.677 dari AOL.com, 8.422 dari Comcast.net, dan 6.282 dari MSN.com.

Yahoo mengatakan akan berkomitmen dalam perlindungan data pengguna. Mereka juga telah meminta maaf.

"Kami menyatakan bahwa file yang lebih tua dari Yahoo! Contributor
Network, sebelumnya dikenal Associated Content. Ini berisi user name (nama akun) dan password dari 400.000 akun Yahoo! dan perusahaan lain. Data ini telah dicuri pada 11 Juli," ujar juru bicara Yahoo.

Pihak Yahoo mengaku telah memperbaiki kerentanan sistem yang mengarah pada kebocoran data ini. Perusahaan ini juga mengubah password dari pengguna Yahoo! yang terkena dampaknya. Pemberitahuan kepada perusahaan yang akun pengguna mungkin bermasalah juga sudah dilakukan.

"Kami meminta maaf kepada pengguna yang terkena. Kami mendorong pengguna untuk mengubah password mereka secara teratur dan juga membiasakan mengecek tips online kami demi keamanan data di Security.yahoo.com," tulis pernyataan resmi Yahoo seperti dilansir dari TechCrunch.

Sucuri menilai kebocoran data ini bisa terjadi karena bentuk password yang sama. Tujuh karakter menjadi formula umum password. Bentuk "123456" menjadi password yang banyak digunakan mencapai 1.666 akun. Bahkan, password berbentuk "password" digunakan untuk 780 akun. Bentuk password lain yang sering digunalan yakni nama pertama yang umum seperti Maggie dan Michael. Variasi nomor lain yang mudah ditebak seperti 123123 juga banyak digunakan.

Sony merupakan salah satu korban dari kebocoran email ini. Masalah ini melibatkan pelanggaran data dari profil pengguna jaringan PlayStation.
◄ Newer Post Older Post ►