Kamis, 12 Juli 2012

Unik ! Ikan Mempunyai Alat Kelamin di Kepalanya

VIVAnews - Spesies ikan Phallostethus cuulong memiliki keanehan. Ikan ini memiliki alat kelamin pada kepalanya. Ikan aneh ini bisa ditemukan di Sungai Mekong, Vietnam. Ikan jantan Phallostethus cuulong berukuran hanya sepanjang 2 cm. Dia berenang mengikuti arus vegetasi di perairan lambat dari kanal. Ikan jantan ini mendekati betinanya dengan berenang di sisinya. Selanjutnya, ikan ini mencoba untuk kawin dengan sang betina.

Cara ikan kawin ini terlihat aneh. Kepalanya berada di samping betina. Kepala ikan jantan membentuk sudut 45 derajat sehingga bagian belakang kepalanya berada di bawah betina. Ini disebabkan organ reproduksinya berada di kepalanya. Tantangan ini harus dihadapi kelompok ikan Asia, priapiumfish yang memiliki organ reproduksi di dagunya, tepatnya di belakang mulut.

P. cuulong hanya satu dari 22 priapiumfish. Nama jenis ini diambil dari dewi kesuburan Yunani kuno, Priapus. Ikan ini termasuk dalam golongan famili Phallostethidae. Mereka tinggal di Asia Tenggara.  Spesies ini ditemukan pada Juli 2009 oleh Koichi Shibukawa. Ilmuwan dari Yayasan Lingkungan Alam Nagao, Tokyo, Jepang ini menemukan ikan ini berenang sendiri di kanal dekat Sungai Mekong, Vietnam. Shibukawa menangkapnya dengan jaring. Bersama koleganya di Universitas Can Tho, Vietnam, Shibukawa menyadari dia menemukan spesies baru.

Priapiumfish jantan tidak memiliki penis seperti manusia dan mamalia. Mereka memiliki organ unik bernama priapium. Bagian ini menghadap ke belakang dan terlihat seperti mulut pipa berotot. Ini merupakan modifikasi sirip ikan pada dada dan panggul. Priapium P. cuulong memiliki dua sangkutan. Keduanya tampak berbahaya. Pada bagian bawah dekat ujung, ada ctenactinium yang bergerigi menghadap depan. Di bawah kepala, ada toxactinium yang maju ke depan.

"Kami tidak tahu mengapa priapiumfish memiliki organ reproduksi yang aneh ini," ujar ilmuwan Institusi Smithsonian, Washington, DC, AS,  Lynne Parenti.

Ikan aneh ini tergabung dalam kelompok besar Atherinomorpha bersama banyak spesies lain yang memiliki modifikasi sirip untuk transfer sperma. Dalam beberapa kasus, sirip dubur yang mengalami modifikasi. "Priapiumfish merupakan variasi dalam tema ini," ujar Parenti seperti dilansir dari Discovery News.

Bukan hanya organ reproduksi saja yang ada di kepala ikan pripiumfish. Bagian bokongnya juga. Anus ikan ini berada di bagian priapium. "Tidak ada banyak organ pada bagian belakang ikan ini," imbuhnya. (adi)
◄ Newer Post Older Post ►