Rabu, 04 Juli 2012

China Jadi Penguasa Angkasa


http://static.inilah.com/data/berita/foto/1877640.jpg

China telah membuat sejarah dalam bidang luar angkasa. Tiga awaknya, belum lama ini, berhasil merapatkan pesawatnya dengan stasiun luar angkasa secara manual. Inilah torehan sejarah yang diklaim sebagai yang pertama kali di dunia.

Selama ini, pesawat yang merapat ke stasiun ruang angksa dilakukan secara remot dari bumi. Sedangkan tiga awak China itu melakukannya secara manual. Maka, berbanggalah rakyat China atas pencapaian itu.
Akankah China menggantikan Amerika Serikat dan Rusia di luar angkasa? Demikian kira-kira pertanyaannya.
Salah seorang yang memberikan jawaban atas pertanyaan itu adalah Leroy Chiao, mantan astronot NASA dan pemimpin Stasiun Luar Angkasa InternasionalKepada CNN, ia menuturkan prestasi China itu memang patut dibanggakan. Namun, sebetulnya itu bukan hal baru. Sebab, 40 tahun lalu AS dan Uni Sovyet sudah pernah melakukan hal sama.
Lagi pula, sebulan sebelum pesawat Shenzhou-9 merapatkan diri secara manual di stasiun luar angkasa Tiangong-1, perusahaan swasta AS sudah melakukannya. Pada Mei 20120 SpaceX menjadi perusahaan swasta pertama yang mengirim kargo ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Kargo itu merupakan percobaan penerbangan pertama yang terintegrasi dengan pesawat Falcon-9 dan kapsul Dragon.
Hanya saja, pemberitaan di media massa jauh lebih heboh misi China ketimbang keberhasilan perusahaan swasta AS itu. Mungkin itu terjadi karena China melakukannya oleh negara sedangkan AS oleh perusahaan swasta.
Namun persoalannya bukan di sana. Menurut Chiao, China memang memiliki teknologi yang bagus di bidang luar angkasa. Hanya saja, mereka masih miskin pengalaman. Chiao yang pernah melihat teknologi China itu juga mengatakan, jika dibandingkan dengan AS, kemampuan China masih sangat jauh.
Namun demikian, China tidak bisa dianggap enteng sebab negara ini terus bergerak. AS bagaimanapun ketar-ketir melihat keunggulan China. Sebab, persoalannya adalah bukan apakah AS lebih unggul dari China. Melainkan, apa yang dilakukan AS, sekarang China sudah bisa melakukannya.
Karena itu, jika AS tidak ingin tertinggal oleh China, AS harus memimpin proyek luar angkasa internasional seperti yang sekarang sudah dijalankan melalui Stasiun Luar Angkasa Internasional. Sebab, kini bukan saatnya lagi berlomba antarnegara menuju luar angkasa.
Chiao menyarankan. Proyek luar angkasa harus diarahkan pada yang kerjasama yang lebih luas di bidang luar angkasa. Bukan lagi pada perlombaan masing-masing negara. Namun, kerjasama itu harus dipimpin oleh AS. Mengajak AS harus membawa China dalam kerjasama ini. Dengan cara inilah, menurut Chiao, AS akan tetap unggul. Jika tidak, AS bisa tertinggal jauh.
◄ Newer Post Older Post ►