Selasa, 06 Oktober 2009

Masalah Spedy yang sering hang atau disconnect sendiri

Akhir-akhir ini banyak kasus tentang Speedy yang sering hang atau disconnect sendiri bila dipakai untuk browsing. Jangka waktunya tidak pasti tapi yang sering terjadi sekitar 20 menit. Sebetulnya kasus tersebut sudah lama terjadi, jadi saya tidak ambil pusing dengan permasalahan seperti itu. Tapi karena akhir-akhir ini kasus tersebut telah marak berkembang lagi mau tidak mau terpaksa saya Posting.

Sebetulnya saya sendiri tadinya tidak tahu apa penyebab sebenarnya yang terjadi. Setelah bertanya kebeberapa teman ternyata letak permasalahannya berada pada settingan registry yang harus dirubah bahlan ada juga yang harus dihapus. Ada dua cara dalam mengatasi hal tersebut :

1. Dengan cara menggunakan sebuah Registry Path, tapi cara ini sebaiknya dihindari apabila komputer anda lebih dari satu (dalam arti sharing jaringan / network dipakai) sebab dengan menggunakan cara ini bisanya akan melumpuhkan sistem pada jaringan anda yang berakibat komputer anda tidak bisa sharing untuk mengambil data dari komputer satu dengan yang lainnya.
2. Dengan merubah pada settingan registy anda secara manual dengan cara ini sangat aman dan tidak beresiko. Caranya sebagai berikut :

Klik Start -> Run ketikan perintah "Regedit" tanpa tanda petik lalu tekan Enter atau klik Ok.

Setelah itu cari yang sesuai dengan nama regisrty yang tercantum dibawah ini :
* HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Ole -> EnableDCOM -> dirubah stringnya dari Y menjadi N. Cara merubah anda klik kanan terus pilih options modify atau double klik nama EnableDCOM.
* HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ControlSet001\Services\NetBT\Parameters -> TransportBindName -> dihapus string. Cara menghapus nama TransportBindName klik kanan terus pilih menu delete.


Setelah mengikuti langkah No.2 sebaiknya Pc atau Notebook di Restart terlebih dahulu sebelum anda memakai internet.

Bila anda mengalami kasus seperti diatas anda silakan dicoba Tips Triks ini, sebab cara diata sudah saya praktekan semuanya baik dengan cara path maupun dengan cara manual.

Catatan : Sebelum saya tahu cara langkah No.2 saya selalu menggunakan langkah No.1 tapi saya tidak asal mempergunakan cara ini sebelumnya saya tanya terlebih dahulu pada yang punya apakah cuma satu komputer ini saja yang terhubung dalam jaringan atau ada yang lainnya misalkan seperti Warnet, Kantor, Sekolah, atau lembaga instansi yang lainnya, bila cuma satu saja saya langsung kerjakan tanpa membuang waktu dengan menggunakan langkah No.1 tidak terlalu memakan waktu lama, tinggal buka path registry speedy double klik icon tekan yes restart selesai. Tapi sekarang saya selalu menggunakan langkah No.2 untuk mencari yang teraman dan tidak banyak resiko yang nantinya akan kita hadapi suatu saat nanti.

Segala resiko dan sebab akibat anda tanggung sendiri
◄ Newer Post Older Post ►