Sabtu, 10 Oktober 2009

Membuat Payment Gateway Bisnis Online

Payment gateway atau gerbang pembayaran :) , yakni “gerbang” tempat Anda memberikan kesempatan bertransaksi bagi calon pelanggan Anda. Payment gateway memberikan kemudahan dengan tidak bergantung pada bank tertentu untuk melakukan pembayaran. Apakah ada cara atau perusahaan atau mungkin orang yang menyediakan fasilitas transaksi uang secara online tanpa batasan? Apakah ada bank atau badan keuanga lain yang menyediakan transaksi tanpa memandang bank tempat pembayaran berasal? Jawabannya ADA!

Dalam bisnis online, pada prinsipnya semua hal kita buat berjalan secara online via internet dan otomatis. Termasuk pelayanan Anda terhadap calon pelanggan dalam proses pembayaran pembelian barang. Anda harus membuat payment gateway ini sebagai salah satu cara utama dalam bertransaksi. Cara konvensional sudah banyak kita jumpai, seperti transfer ke bank tertentu, atau kirim cek ke alamat tertentu. Untuk mempercepat dan mempermudah pembayaran pelanggan Anda, manfaatkan payment gateway.

Payment gateway yang paling terkenal adalah Paypal. Saya akan coba pandu Anda untuk melakukan pendaftaran Paypal untuk membuka pintu gerbang pembayaran online Anda. Terdapat tiga jenis account yang bisa Anda buat dalam Paypal. Yakni account pribadi, primer dan bisnis. Pribadi adalah account Paypal untuk Anda yang hanya menggunakan Paypal sebagai kartu berbelanja. Jika Anda seorang penjual dalam level pribadi dan sekaligus sebagai buyer, maka gunakan account Primer. Jika Anda seorang CEO perusahaan, maka gunakan account Bisnis. Saya pribadi, memilih account primer, karena saya hendak menjual dan sekaligus membeli barang dengan menggunakan Paypal.

Paypal.Com

Paypal.Com

Setelah Anda klik link Paypal ini, maka tampilan awal halaman Paypal akan nampak seperti gambar disamping. Langkah pertama, kunjungi situs Paypal dan klik Sign Up Today. Setelah itu, pilih negara tempat Anda berada, dan tentukan bahasa yang akan Anda gunakan di halaman Paypal. Tersedia tiga pilihan, yakni Pribadi, Primer, dan Bisnis.

Setelah memilih jenis account yang Anda kehendaki, langkah kedua adalah pengisian data pribadi Anda. Usahakan data yang berkaitan dengan uang (misal nomor kartu kredit, nama lengkap, dsb) sesuai dengan kenyataan. Hal ini diperlukan oleh Paypal untuk konfirmasi pembayaran atau penagihan ke account Paypal Anda.

Terdapat pilihan pada saat pengisian data pribadi, yakni untuk mengkoneksikan account Paypal Anda dengan kartu kredit Visa/Master Card/Amex Anda. Tujuannya pada saat account Paypal Anda belum ada dollar didalamnya, Anda masih tetap bisa berbelanja atau bertransaksi lainnya. Dengan cara menagihkan transaksi Anda tersebut ke rekening kartu kredit Anda. Ingat, penagihan ini dalam bentuk dollar yang dikonversi ke Rupiah. Kurs yang digunakan adalah kurs yang ditentukan oleh Paypal sesuai tanggal transaksi, namun kurs ini tidak jauh dari kurs BI.

Credit Card Confirmation

Credit Card Confirmation

Sampai tahap ini, setelah Anda sukses mengisi data pribadi, Anda sudah berhasil memiliki account payment gateway Paypal. Langkah terakhir, mengklik link “Masuk ke Rekening Anda”, maka Anda akan dibawa langsung ke halaman utama account Anda. Seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Di halaman utama ini, Anda bisa mengatur transaksi Anda layaknya Anda menggunakan e-banking. Bagi Anda yang belum pernah menggunakan e-banking, jangan khawatir, saya sarankan Anda membaca halaman HELP yang disediakan oleh Paypal. Ada versi bahasa Indonesia. Jangan khawatir kesulitan menggunakan Paypal ini. Sangat mudah dan menguntungkan.
Halaman Utama Account Anda

Halaman Utama Account Anda


Bagaimanakah caranya membuat sebuah tombol atau link pembayaran yang dapat Anda gunakan sebagai link kasir di halaman web Anda? Ada sebuah link di menu utama halaman account Anda, yang dalam bahasa Indonesia ditulis “Layanan Pedagang”. Pada menu ini disediakan bagi Anda semua tool yang diperlukan untuk menghubungkan pelanggan Anda dengan mesin kasir Anda. Ada yang dalam bentuk kasir, ada yang dalam bentuk kartu debit, bahkan ada yang dalam bentuk kotak sumbangan (Donate to Us). Seperti yang saya lakukan di bagian kanan atas halaman web saya ini. Anda merasaka manfaat dari tulisan saya ini, silahkan Donate to Us :D

Nah, sekarang Anda sudah memiliki gerbang pembayaran atau payment gateway sebagai pintu dollar Anda di dunia bisnis online. Salam sukses selalu!

sumber : http://www.ayobisnisonline.com/

◄ Newer Post Older Post ►