Rabu, 07 Oktober 2009

Netbook Bundling Smart Telecom VS Advan Mobile

Smart Telecom baru saja mem-bundling layanan paket datanya dengan netbook Olive X107. Hal yang sama juga dilakoni Advan yang menggandeng layanan data Mobi, dari Mobile-8 yang menghadirkan paket bundling netbook Advan-Mobi. Mana yang lebih baik?

Program bundling ponsel dengan layanan operator seluler sepertinya sudah mulai ketinggalan jaman. Di tengah tren internet mobile, dua operator CDMA melibatkan diri dalam program bundling layanan selulernya dengan perangkat netbook.Harganya yang ditawarkan juga menggeliurkan, terutama ditambah bonus gratisannya.

Smart menawarkan paket bundling netbook Olive X107, produk besutan Haier, vendor China-India. Netbook tersebut memiliki ukuran layar 10,2 inci dengan harddisk 160GB serta memori DDR2 1GB. Untuk konektivitas, tersedia pada netbook tersedia fitur Wi-Fi serta 3 USB port. Adapun sistem operasi yang dibundel pada netbook berdimensi 265 x 185 x 25 milimeter serta bobot seberat 1,2 kilogram tersebut adalah Windows XP Home Edition.

Tenaga netbook ini, seperti hal netbook 10 inci yang beredar di pasaran, sudah diintegrasikan dengan Intel Atom Mobile N270 1,6 Ghz. Untuk kenikmatan dalam aktivitas chatting, netbook ini juga tentunya hadir dengan webcam 1,3 piksel terintegrasi.

Lalu apa yang membedakan netbook ini dengan program bundling Advan-Mobi yang mempersembahkan Vanbook A1N-70T? Sebenarnya dari sisi tampilan dan spesifikasi tidak jauh berbeda. Keduanya sama-sama mengusung ukuran dan bobot yang tidak jauh berbeda. Vanbook A1N-70T hadir dengan bobot dan ukuran yang tidak jauh berbeda: berdimensi 258 mm x 189 mm x 28 mm, dan berat 1,25 kg. Begitu pun dengan ukuran layar, kapasitas hard disk, memori, dan kesertaan webcam terintegrasinya, tidak berbeda dengan Olive X107.

Yang membedakan, Olive X107 memiliki hadir dengan fitur built in modem CDMA 2000 1X EVDO Rev A, sedangkan Vanbook A1N-70T mengharuskan penggunanya plug-in modem 3.5 G CDMA yang diusung Mobi. Dalam urusan praktis koneksi layanan data masing-masing operator, tentunya Oilve X107 lebih unggul. Meskipun tampilan dan form factor dari keduanya sangat mirip.
Harga dan Bonus

Untuk urusan program bundling ini, sepertinya hal lain yang patut dipertimbangkan adalah paket harga dan bonus yang ditawarkan. Pada paket penjualannya, Smart menyediakan dua pilihan yakni pascabayar dan prabayar. Untuk pasca bayar, pelanggan dikenakan biaya Rp 499 ribu per bulan selama 12 bulan, dan langsung mendapatkan gratis 12 bulan unlimited internet. Tentunya sudah termasuk netbook Olive X107.

Adapun untuk paket prabayar, setelah membeli netbook seharga Rp 4,7 juta, pelanggan berhak mendapatkan unlimited internet selama 30 hari. Pengguna kedua pilihan layanan tersebut akan mendapatkan kecepatan maksimum download 3,1 Mbps dan upload hingga 384 Kbps yang tentunya bergantung dari jaringan CDMA Smart yang tersedia.

Masalah harga, Paket Mobi yang dibesut Advan tampak lebih menggeliurkan. Bagaimana tidak? Dengan paket notebook dan modem 3.G CDMA yang berkecepatan akses download hingga 3.1 Mbps serta upload hingga 1.8 Mbps, harga yang ditawarkan Rp 3,899 juta, termasuk bonus pulsa Rp 50 ribu dan 1 GB data, setara dengan pulsa Rp 100 ribu. Selanjutnya, Mobi juga memberikan tarif yang sangat murah yaitu Rp0.1/KB untuk jam 00 - 12.00 dan Rp0.25/KB untuk jam 12.00 - 24.00.

Namun, murahnya paket yang dibesuk Advan, bukan dikarenakan kualitas netbook yang dibawah paket Smart. Ketiadaaan sistem operasi Windows XP Home original, tampaknya menjadi salah satu alasan paket ini lebih murah. Maklum, lisensi sistem operasi ini tergolong mahal, masih dalam kisaran satu jutaan rupiah. Advan tampaknya ingin memberikan keleluasaan bagi penggunanya dalam hal penggunaan sistem operasi pada notebook ini.

Nah, Anda siap menjadi bagian dari tren internet mobile? Sepertinya kedua paket ini cukup merepresentasikan semua kebutuhan dalam internet mobile. Netbook ringan dan elegan, serta koneksi internet mobile yang cukup mumpuni. Pilihan ini, sekarang ada di tangan Anda..

UNTUK LIHAT HARGA PRODUK SMART UP TO DATE :KLIK DISINI
◄ Newer Post Older Post ►