Sabtu, 10 Oktober 2009

10 Tips Memulai Bisnis Online

Ada berbagai cara untuk memulai bisnis online Anda di internet. Berikut ini adalah poin-poin utama yang harus Anda perhatikan sebelum memulai bisnis Anda.

1. Pastikan tujuan bisnis Anda jelas dan terarah.

Pada saat Anda memulai mencari ide bisnis apa yang tepat di dunia internet, saya yakin salah satu cara mencari ide adalah browsing di internet itu sendiri. Nah, disinilah awal kebingungan Anda. Satu prinsip yang saya pegang pada saat akan memulai bisnis online, yakni fokus dalam pencarian ide. Fokus artinya tentukan jenis bisnis online yang akan Anda terapkan. Apakah jenis afiliasi, jual informasi, MLM, reseller, dsb. Pastikan Anda fokus pada saat browsing, jangan sampai Anda buang waktu hingga 5 jam untuk browsing tanpa hasil.

2. Luangkan waktu Anda minimal 1 – 2 jam perhari

Oleh karena saat ini Anda sedang belajar memulai bisnis online, ingatlah, bisnis ini tidak mengikat waktu. Anda dapat melaksanakannya kapan saja dan pad kesempatan apa saja. Apakah Anda seorang pegawai, guru, pelajar, mahasiswa, semua bisa memulai bisnis online di internet. Anda hanya perlu mendisiplinkan diri, berapa lama dalam satu hari atau mungkin satu minggu Anda meluangkan waktu. Saran saya, minimal Anda harus konsentrasi memulai bisnis online ini selama 1 – 2 jam per hari.

3. Konsep dengan serius bisnis online Anda

Pastikan bisnis online Anda terkonsep dengan matang mulai dari mengapa Anda membuat bisnis ini sampai dengan tujuan yang ingin Anda capai. Hal ini bertujuan agar Anda tidak kehilangan arah dan fokus. Jika perlu Anda buat blueprint bisnis online Anda dalam sebuah agenda. Jangan sampai pada saat Anda browsing mencari ide jenis bisnis di internet, Anda berubah arah dan tidak fokus. Akibatnya Anda harus mengkonsep mulai dari awal kembali untuk bisnis online Anda. Maukah Anda membuang waktu lebih banyak?

4. Bangun website yang terstruktur dan sesuai konsep

Rancang bangun website ada baiknya Anda bayangkan seperti jika Anda membangun sebuah toko. Bagaimana tata letak barangnya, tata ruangnya, dimana lokasi buat promosi, dsb. Mungkin Anda juga perlu searching di internet, bagaimana membuat webstore yang menarik. Tidak ada salahnya Anda meniru struktur website orang lain namun tetap dalam koridor konsep bisnis Anda. Satu yang pasti, semakin website Anda terstruktur, makin menarik pula website Anda. Hal ini karena pengunjung Anda akan dengan mudah menemukan apa yang mereka cari di website Anda.

5. Selalu update isi website Anda

Kata ‘update’ adalah kata terpenting bagi layak tidaknya website Anda muncul di internet. Para calon pelanggan online Anda akan bosan, jika isi dari webstore Anda sama saja dari waktu ke waktu. Anda harus melakukan update atau pembaruan isi meski itu hanya tampilan warna (themes). Satu hal yang perlu Anda catat, semakin update isi website Anda, berarti semakin terbuka kesempatan bagi situs-situs pencari (search engine) membawa situs Anda ke ranking yang lebih tinggi. Jadi, mulai update isi situs Anda sekarang juga.

6. Daftarkan website Anda di search engine

Apakah yang dimaksud dengan search engine atau mesin pencari? Yakni situs yang menyediakan layanan untuk mencari website tertentu dan berdasarkan keyword tertentu. Yang paling kita kenal diantaranya adalah Google, Yahoo, dan MSN Live. Situs-situs penyedia layanan pencarian ini banyak tersebar diinternet. Tujuan Anda mendaftarkan situs Anda pada situs-situs pencari tersebut agar nama situs Anda terindex dalam databasenya. Setelah terdaftar, ketika ada orang lain yang mencari suatu keyword tertentu di situs pencari tersebut, diharapkan nama situs Anda lah yang muncul. Dengan demikian ada kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan calon pelanggan di bisnis online Anda.

Banyak cara untuk mengoptimalkan situs pencari agar dapat menampilkan nama situs Anda pada pencarian dengan keyword tertentu. Cara atau teknik optimalisasi ini dikenal dengan istilah Search Engine Optimization (S.E.O). Anda dapat browsing teknik-teknik dasar S.E.O untuk menarik calon pelanggan di situs bisnis online Anda. Ingat jangan mudah menyerah dan terpengaruh pada iklan yang menawarkan S.E.O dengan cepat. S.E.O bukanlah seni, namun ilmu, jadi siapa saja dapat belajar dan tidak perlu bakat untuk melakukannya.


7. Iklankan situs Anda

Media iklan sangat efektif untuk menarik calon pelanggan untuk datang dan membeli sesuatu dari situs bisnis online Anda. Media iklan ini sangat banyak jenisnya, namun pada dasarnya hanya ada dua jenis, yakni offline dan online. Media iklan offline yaitu media iklan seperti pada kebanyakan iklan. Melalui media cetak, spanduk, stiker, dsb yang sasaran iklannya hanya terbatas pada ruang tertentu. Sedangkan media iklan online, adalah media iklan melalui internet dan email. Media ini jauh lebih efektif untuk perkenalan situs bisnis baru Anda. Sekali Anda mengiklankan situs Anda di internet, ada peluang 1 milyar lebih orang didunia melihat iklan Anda. Cara beriklan online ada yang gratis dan berbayar.


8. Sediakan layanan Customer Service 24 jam 7 hari

Ya, mau tidak mau, bisnis online harus menyediakan layanan bagi pelanggannya secara online selama 24 jam 7 hari full. Banyak cara dan media bagaimana calon pelanggan Anda dapat merasakan pelayanan ini tanpa Anda standby. Misalnya melalui email robot (autoemail responder, auto forwarder mail, dsb), instan messenger (Yahoo Messenger, GTalk, Skype, dsb), telepon atau fax, dsb. Mengapa Anda harus menyediakan layanan ini? Ingat! Ini adalah bisnis online, dimana calon pelanggan Anda adalah seluruh pengakses internet di dunia yang dibedakan oleh jarak dan waktu.


9. Jangan pernah lelah melakukan promosi

Nah ini salah satu yang membuat sama antara bisnis online dengan bisnis konvensional. Yakni promosi yang tidak pernah putus. Lakukan promosi secara kontinyu dan selalu update. Jika memungkinkan lakukan promosi diskon atau pemberian gift atau bonus tertentu. Banyak tersebar ebook mengenai pemasaran yang dapat Anda manfaatkan.


10. Jangan lupa putar modal

Tips terakhir, setelah Anda memiliki situs bisnis online sendiri, sudah melakukan SEO, beriklan dsb, jangan lupakan, putar modal Anda. Bahkan kalau perlu, lakukan penambahan modal. Modal ini biasanya digunakan untuk menambah kapasitas hosting atau domain, atau mungkin membeli hosting dan domain baru. Mau tetap yang gratis? Bisa saja, tapi apa salahnya Anda menambah biaya sedikit untuk meningkatkan revenue Anda.


10 tips diatas adalah tips bagi yang benar-benar pemula dalam bidang bisnis online. Sengaja saya bahasakan secara general tidak terfokus pada satu topik tertentu. Selain agar ada bahasan lain di kemudian hari :D , tujuannya agar Anda dapat memahami proses dasar yang pasti sama disetiap memulai bisnis online. Untuk pengembangannya, Anda dapat ikuti terus update artikel dari saya di situs www.ayobisnisonline.com. Selamat berjuang dan salam sukses selalu.

sumber : http://www.ayobisnisonline.com/


◄ Newer Post Older Post ►