Minggu, 26 Februari 2012

Pabrik Pakan Ikan Dikembangkan

Karawang - Kementerian Kelautan dan Perikanan menggandeng pihak swasta, untuk pengembangan pabrik pakan dan unit pengolahan ikan di Karawang, Jawa Barat. Itu dilakukan untuk mengatasi kebutuhan pakan yang bermutu dan harga terjangkau. Pabrik pakan dibangun di Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Karawang.
"Pengembangan pabrik pakan ikan merupakan salah satu strategi revitalisasi perikanan budidaya, sehingga menunjang industrialisasi perikanan berbasis budidaya," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo, Sabtu (25/2/2012) di Karawang.
Kapasitas produksi pabrik pakan ikan berkisar 15-20 ton per hari. Produk pakan itu dipasok ke BLUPPB Karawang, untuk usaha budidaya ikan, serta masyarakat sekitar. Sementara pengolahan ikan patin saat ini berkapasitas 1 ton per hari.
Luas kawasan BLUPPB Karawang 390 hektar (ha), terdiri atas 149 ha tambak inti, 151 ha untuk plasma. Selebihnya, lahan untuk fasilitas.
Bupati Karawang, Ade Swara, mengemukakan pula, untuk peningkatan nilai tambah perikanan dibutuhkan penambahan sarana produksi, teknologi produksi, pengolahan dan pemasaran hasil.
"Karawang punya potensi besar perikanan. Perlu peningkatan pemberdayaan masyarakat dan ekonomi daerah," ujar Ade Swara.[Kompas]


◄ Newer Post Older Post ►