Rabu, 29 Februari 2012

Swadaya Rp 488 Juta Untuk Balai Desa

Partisipasi masyarakat untuk membangun fisik desa yaitu berupa Pendopo (ruang pertemuan) dan kantor desa begitu tinggi. Hal tersebut terbukti saat Bupati Lamongan Fadeli meresmikan kantor dan balai Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong kemarin. Dana yang terkumpul hasil swadaya masyarakat setempat mencapai Rp 488 juta.
            “Bangunan Kantor dan Balai Desa Sendangharjo ini adalah yang termegah yang pernah saya resmikan. Terlebih lagi sebagian besar dananya merupakan hasil swadaya masyarakat sendiri. Semoga menjadi pemacu semangat bagi masyarakat desa lainnya, “ puji Fadeli.
           Bupati tidak hanya meresmikan kedua bangunan itu namun juga rumah kompos (tempat pengolahan sampah kemudian dijadikan pupuk kompos) dan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) yang diinformasikan telah menelan biaya Rp 108 juta.
            Pemerintah daerah lanjut Fadeli, tentu dengan segala keeterbatasannya tidak sanggup kalau harus memberikan bantuan sebesar tersebut kepada semua desa di Lamongan. “Apa yang kita saksikan hari ini adalah bukti nyata jika masyarakat desanya kompak dan kondusif, semuanya bisa diwujudkan. Bahkan untuk mengumpulkan dana hingga ratusan juta bisa dilakukan oleh sebuah desa. Untuk itu kami berikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada masyarakat atas partisipasi serta kepeduliannya membangun desa,” ujarnya.
Fadeli juga mengungkapkan potensi peternakan juga cukup bagus di Desa Sendangharjo. Disebutkan olehnya, terdapat ternak besar sapi sebanyak 766 ekor. Di kesempatan itu dia berharap agar potensi peternakan itu disentuh dengan Program Gemerlap yang mulai digagasnya sejak tahun lalu dengan memberikan bantuan teknis.
         Sementara itu Camat Brondong Saidi melaporkan, sumber dana pembangunan Kantor, Balai Desa, serta Poskesdes tersebut didapat dari dana PNPM sebesar Rp 50 juta, ADD 2010 sebesar Rp 40 juta, ADD 2011 sebesar 20 juta, dan swadaya sebesar Rp 488 juta. “Sehingga keseluruhan sebesar Rp 598 juta,” katanya.
          Pada acara tersebut dilakukan serah terima bantuan oleh Bupati kepada warga yaitu berupa Japordes sebanyak 7 desa termasuk Desa Sendangharjo dan Labuhan dengan nilai total Rp 270 juta, bantuan jaring apung 150 unit untuk pendadaran ikan kerapu senilai Rp 150 juta untuk Desa Brengkok dan Desa Labuhan, dan bantuan Polybag sebanyak 5 ribu buah.
◄ Newer Post Older Post ►