Berikut beberapa tip dan teknik kepemimpinan yang bisa membantu Anda di keseharian:
Mencatat
Setiap saat dalam satu hari, Anda mungkin mendapatkan ide atau mendapatkan solusi sebuah masalah dan jika Anda tidak bisa segera mencatatnya, Anda akan lupa. Simpan beberapa kartu catatan dalam saku Anda sehingga saat Anda mendapatkan inspirasi, Anda bisa mencatatnya.
Patuh pada jadwal
Tidak ada hal yang bisa mengacaukan hari daripada melupakan sesuatu yang harus dilakukan pada hari itu. Patuh pada jadwal, sebanyak mungkin, akan membuat hari berjalan mulus dan lebih sukses. Tidak semua hal yang bisa Anda masukkan dalam jadwal, tapi, Anda akan tahu jika Anda belum melakukan sesuatu karena rutinitas sangat penting bagi Anda.
Tujuan
Tentukan tujuan bagi diri sendiri setiap harinya, mingguan, dan bulanan. Dengan demikian Anda akan selalu mengerjakan kearah yang dekat dengan tanggal penutupan. Menentukan segala sesuatunya jauh-jauh hari seperti tidak menyelesaikannya dan pemimpin yang efektif menyelesaikannya tepat waktu.
Menentukan prioritas
Pada waktu yang diberikan, Anda bisa memiliki puluhan hal yang membutuhkan perhatian Anda. Ini merupakan kemampuan untuk mengetahui mana yang paling penting pada saat itu dan menyelesaikannya terlebih dahulu. Selalu menyelesaikan tugas yang paling penting terlibih dahulu, dan kadang tugas yang lebih kecil juga diselesaikan.
Tip dan teknik kepemimpinan ini bukanlah akhir dari sebuah tujuan saat menjadi pemimpin besar. Dibutuhkan waktu, pengembangan, belajar dari kesalahan dan tahu batasan-batasan Anda.
Sumber: http://EzineArticles.com