Minggu, 01 April 2012

Olm, Amfibi Buta Yang Dilindungi


Olm, atau proteus (Proteus anguinus), adalah amfibi butaendemik perairan bawah tanah gua dari karst Dinaric dari Eropa selatan. Iahidup di perairan yang mengalirbawah tanah melalui wilayah batu kapur yang luastermasuk perairan Soca DAS dekat Trieste di Italia, melalui Slovenia selatan,barat daya Kroasia, dan Herzegovina.
Olm adalah satu-satunya spesies dalam genus Proteus nya,satu-satunya spesies Eropa dari Proteidae keluarga, dan secara eksklusif hanyaEropa gua tinggal chordate. Hal ini juga kadang-kadang disebut "ikanmanusia" oleh penduduk setempat karena warnakulitnya, mirip dengan orangkulit putih (diterjemahkan secara harfiah dari Slovenia:človeška Ribica danKroasia: čovječja Ribica), serta "gua salamander" atau"putihsalamander . "Di Slovenia itu juga dikenal dengan nama močeril,yang diterjemahkansebagai "salah satu yang liang ke basah."



Hewan ini sangat penting untuk adaptasi untuk kehidupan yanggelap gulita di habitatbawah tanah. Mata Olm adalah belum dikembangkan,meninggalkannya buta, sementara indera lainnya, terutama penciuman danpendengaran, yang akutdikembangkan. Hal ini juga tidak memiliki pigmentasiapapun dalam kulitnya. Berbeda dengan amfibi paling, Olm sepenuhnya air, danmakan, tidur, dan bawah air keturunan.Ini memiliki 3 jari pada anggota tubuhbagian depan, tetapi 2 jari pada kaki belakangnya. Hal ini juga menunjukkan neoteny,mempertahankan karakteristik larvaseperti insang eksternal menjadi dewasa,seperti amfibi Amerika, axolotl dan anak anjing lumpur.


Tubuh Olm adalah seperti ular, 20-30 cm (8-12 in) panjang,dengan beberapa spesimenmencapai 40 sentimeter (16 in) adalah batang silindris,seragam tebal, dan tersegmentasi dengan jarak teratur alur-alur di. myomereperbatasan. Ekor relatif pendek, lateral rata, dan dikelilingi oleh siriptipis. Anggota badan yang kecil dan tipis, dengan berkurangnya jumlah digit dibandingkanamfibi lain: kaki depan memiliki tigadigit bukan empat normal, dan belakangmemiliki dua digit bukan lima. Tubuhnya ditutupioleh lapisan tipis kulit, yangberisi sangat sedikit dari pigmen riboflavin, sehinggakekuningan putih ataupink dalam warna. Organ internal dapat dilihat bersinar melaluipada bagianperut dari tubuh. Kemiripan dalam warna dengan manusia putih adalah alasanmengapa Proteus disebut ikan manusia dalam beberapa bahasa. Namun, kulitOlm itutetap memiliki kemampuan untuk memproduksi melanin. Ketika terkena cahaya,secara bertahap akan berubah menjadi gelap, dan dalam beberapa kasus larvajugadiwarnai. Berbentuk buah pir kepalanya berakhir dengan moncongpendekdorsoventrally rata. Pembukaan mulut kecil, dengan gigi kecil membentuksaringan untuk menjaga partikel yang lebih besar di dalam mulut. Lubang hidungsangat kecil untuktidak terlihat, tetapi ditempatkan agak lateral dekat ujungmoncong. Mata kemunduranditutupi oleh lapisan kulit. Para Olm bernafas denganinsang eksternal yang membentuk dua jumbai yang bercabang di bagian belakangkepala. Mereka berwarna merahkarena menunjukkan darah kaya oksigen melaluikulit tidak berpigmen. Para Olm juga memiliki paru-paru belum sempurna, tetapiperan mereka dalam respirasi hanyaaksesori. Jenis kelamin sangat mirip dalampenampilan, dengan laki-laki memilikikloaka agak tebal daripada wanita.

Olm-olm dari sistem gua yang berbeda berbeda secarasubstansial dalam ukuran tubuh, warna dan beberapa karakter mikroskopis.Peneliti sebelumnya digunakan perbedaan-perbedaan ini untuk mendukung pemekaranmenjadi lima spesies yang berbeda, sementara herpetologis yang modern memahamibahwa morfologi eksternal tidak dapat diandalkan untuk sistematika amfibi dandapat sangat bervariasi, tergantung padamakanan, penyakit, dan faktor lainnyabahkan bervariasi antara individu-individu dalam sebuah populasi tunggal .Proteus anguinus sekarang dianggap satu spesies. Panjangkepala adalah perbedaanyang paling jelas di antara berbagai populasi - individu dariStična, Slovenia,memiliki kepala lebih pendek rata-rata dari mereka yang berasal dariTržič,Slovenia, dan semenanjung Istrian, misalnya.

Olm sangat rentan terhadap perubahan dalam lingkungannyakarena adaptasi terhadap kondisi tertentu dalam gua. Sumber daya air di karstyang sangat sensitif terhadap segala macam polusi. Para kontaminasi air bawahtanah karst ini disebabkan oleh sejumlah besar situs pembuangan limbah tercucioleh air hujan, serta meluapnya disengaja berbagai cairan. Refleksi dari polusiseperti di perairan bawah tanah karst tergantung pada jenis dan jumlah polutan,dan pada struktur batuan di mana air menembus. Proses pemurnian diri diperairan bawah tanah yang tidak sepenuhnya dipahami, tetapi mereka cukupberbeda dengan air permukaan. Di antara polutan kimia yang paling seriusdiklorinasi hidrokarbon pestisida, pupuk, polychlorinated biphenyls (PCB), yangberada atau digunakan dalam berbagai proses industri dan dalam pembuatanberbagai jenis bahan, dan logam seperti merkuri, timbal, kadmium, dan arsen.Semua zat ini bertahan dalam lingkungan, menjadi lambat, jika sama sekali,terdegradasi oleh proses alam. Selain itu, semua adalah racun bagi kehidupanjika mereka menumpuk dalam jumlah yang cukup besar. Gua Slovenia menjaditerkenal karena hewan-hewan mereka mengandung dan yang tidak dapat ditemukan ditempat lain. Karena keanehan yang Olm juga populer di kalangan kolektor, yangdapat mengancam spesies hewan dengan mengambil terlalu banyak keluar darihabitatnya.

Olm termasuk dalam Lampiran II dan IV dari Directive HabitatUni Eropa (92/43/EEC). Lampiran II berusaha untuk melestarikan statuskonservasi yang menguntungkan dalam spesies hewan dan tumbuhan besertahabitatnya dengan melindungi spesies atau mendefinisikan daerah khususkonservasi. Daerah-daerah konservasi membentuk Natura 2000 jaringan. LampiranIV lebih lanjut mendefinisikan "hewan dan spesies tanaman kepentinganmasyarakat yang membutuhkan perlindungan yang ketat." Berburu atau menjagasejumlah Olm diperbolehkan hanya dalam keadaan ketat, yang ditentukan olehpemerintah setempat.Olm pertama kali dilindungi di Slovenia pada tahun 1922bersama dengan semua fauna gua, tapi perlindungan itu tidak efektif dan pasargelap yang besar muncul. Pada tahun 1982 ia ditempatkan pada daftar spesieslangka dan terancam punah. Daftar ini juga memiliki efek melarang perdaganganspesies. Setelah bergabung dengan Uni Eropa, Slovenia harus membentuk mekanismeperlindungan spesies yang termasuk dalam Petunjuk Habitat Uni Eropa. Para Olmtermasuk dalam daftar Red Slovenia satwa langka Postojna Gua dan gua-gualainnya dihuni oleh Olm. Juga dimasukkan dalam bagian dari jaringan Slovenia2000 Natura.
Di Kroasia, Olm dilindungi oleh undang-undang yang dirancanguntuk melindungi amfibi, mengumpulkan hanya mungkin untuk tujuan penelitiandengan izin dari Administrasi Nasional untuk Alam dan Perlindungan Lingkungan.Status konservasi di Bosnia dan Herzegovina dan Montenegro belumdidefinisikan.Dalam Daftar Merah IUCN, Olm terdaftar sebagai rentan karenadistribusinya terfragmentasi dan terbatas dan populasi yang terus menurun.



Sumber
◄ Newer Post Older Post ►