Minggu, 01 April 2012

Kiwi, Simbol Negara Selandia Baru

Kiwi adalah spesies lain dari burung tidak dapat terbangyang endemik di Selandia Baru dari genus Apteryx (satu-satunya genus dalamfamili Apterygidae). Dalam ukurannya yang seperti ayam domestik, kiwi adalahratite hidup yang paing kecil. Seluruh spesies kiwi adalah spesies terancam.Kiwi juga merupakan simbol nasional Selandia Baru.

Burung kiwi dinobatkan sebagai ikon negara selandia barukarena beberapa hal berikut:

1.    Kiwi adalahburung yang khas berasal dari wilayah selandia baru, dan telah endemik selama jutaan tahun di sana.
2.    Burung kiwidianggap memiliki semangat nasional negeri itu yaitu mampu bertahan danberevolusi selama jutaan tahun.
3.    Kiwi telahmenjadi simbol bagi orang-orang selandia baru dalam hal usia, ras, gender, dankepercayaan.
4.  Kiwi telah menjadisebutan bagi orang selandia baru sejak lama. Hal ini diawali dari kisah seoranglelaki kelahiran Skotlandia yang pada permulaan tahun 1900 membuatproduk semir sepatu yang mampu membuat sepatu bersinar, tahan air, awet danlembut, yang ia sebut dengan semir Kiwi. Sebutan itu ia berikan sebagai bentukpenghargaan bagi negara calon istrinya yang berasal dari Oamaru selandia baru.Kemudian semir sepatu tadi menjadi populer selama masa Perang Dunia Pertama.Pada masa perang itu pasukan Amerika dan Inggris menggunakan semir tersebut danakhirnya menyebut orang-orang selandia baru dengan sebutan kiwi. Sebelummengenal semir itu mereka menyebut orang-orang selandia baru denganMaorilanders, En Zedders, atau Fernlanders, begitu semir kiwi menjadi populersebutan tadi berubah menjadi kiwi dan terus melekat bagi penduduk selandiabaru.
5.    Saat ini spesieskiwi termasuk sebagai hewan langka, maka dengan dijadikannya ia sebagai ikonNegara akan mendorong banyak upaya pelestarian dan perlindungan bagikelangsungan hidup kiwi agar tidak punah.

    ◄ Newer Post Older Post ►