Minggu, 01 April 2012

Beli BBM, Nelayan Dijatah 20 Liter

Bantul - Dinas Kelautan dan Perikanan Bantul dan Pertamina akhirnya memberikan rekomendasi kepada nelayan untuk dapat membeli langsung BBM ke SPBU dengan batas 20 liter untuk sekali melaut.

Kepala Seksi Pengembangan Penangkapan Sarana dan Prasarana bidang kelautan dan perikanan tangkap DKP Bantul, Istriyani mengatakan, keputusan atas rekomendasi itu merupakan hasil pertemuan dengan nelayan, Pertamina dan DKP Jumat   (30/3) kemarin.

“Pertimbangan kami dengan adanya pembatasan pembelian BBM di tingkat pengecer membuat susah nelayan karena kebisaan mereka selama ini membeli bahan bakar di pengecer,” ujar Istriyani saat ditemui di kantornya, Sabtu (31/3).

Menurut Istriyani, ada sebanyak 90 pemilik perahu mengandalkan bahan bakar di pengecer. Kebiasaan mereka ini lantaran sudah terbiasa dan sebagian lain merasa kejauhan membeli di SPBU. Ada pula yang memilih pengecer karena bisa mengutang dulu.
Istriyani memperkirakan, dalam sebulan nelayan tidak melebihi 20 kali perjalanan melaut karena nelayan juga libur pada hari tertentu. “Sebab itu jika sudah 20 kali trip (perjalanan), nelayan tak diberikan rekomendasikan lagi untuk membeli bahan bakar di SPBU,” katanya.[harianjogja]
◄ Newer Post Older Post ►