Rabu, 23 Februari 2011

Mata Adalah Jendela Hati, Benarkah ?

Dalam berkomunikasi ada beberapa teknik. Membaca pergerakan mata (Eye Accessing Cue/EAC) adalah salah satunya.
undefined
Definisi Eye Accessing Cue adalah pola proses internal dalam berfikir, mengetahui bagaimana pola seseorang berfikir, sistem representasi mana yang dipakai atau diakses oleh seseorang pada saat tertentu. Dalam hal ini yang menjadi acuan adalah pergerakan bola mata, bagaimana bila mata terpejam? Anda masih dapat membacanya dari gerakan yang terjadi pada kelopak matanya.
Contoh:
Seseorang datang kepada Anda untuk meminta tolong:
D = Pak, perasaan saya takut sekali… (kemudian mata dia melirik ke kanan atas)
Hal yang kontra: Perasaan = Kinetik dan Mata melirik KANAN ATAS adalah Visual yang artinya apa yang dia katakan dengan kesadaran berfikirnya tidak sama
Cobalah perdalam lagi dengan bertanya… Seperti apa yang Anda takutkan itu? Pertanyaan ini akan memperjelas.. apakah visual atau kinetik… bila visual mungkin dia akan menjawab.. MENYERAMKAN… atau TAKUT DIPUKUL…?
Perbedaan penermiaan akan berakibat beda hasil. Bila yang Anda terima adalah pengertian akan visual ‘Pandangan’ sementara sahabat yang kita ajak berkomunikasi mengunakan pendekatan ‘Rasa’, ujungnya adalah “JAKA SEMBUNG”…
Untuk memastikan sahabat yang kita ajak berkomunikasi itu dalam satu suasana, kita patut mengkalibrasi kecocokan itu, dan menjadikan suasana lebih kondusif dan nyaman.
Ada yang mempergunakannya EAC untuk memeriksa, apakah informasi yang didapatkan adalah informasi fakta, masih dalam rekaan (proses pengerjaan) atau karangan belaka.
Kunci disini adalah mengkalibrasi = mencocokan = memeriksa, bahwa pemahaman itu menjadi sama. 75% pendekatan ini diyakini benar.
Mengapa mengkalibrasi ini perlu? Iya, karena ada beberapa orang yang kidal atau lingkungan dimana dia hidup selalu menggunakan arah kiri atau kanan sebagai kegiatan kesehariannya (pintu yang letaknya disebelah kiri tempat duduknya, mau tak mau dia akan sering menggunakan arah mata kiri).
undefined
undefined
undefined
undefined
undefined
undefined
undefined

Nah sekarang anda bisa melihat dan membaca dasar-dasar orang sedang memikirkan apa.
◄ Newer Post Older Post ►