Sabtu, 29 Januari 2011

Katakan Saya Pasti Bisa !!!!

Alkisah disebuah dusun, hiduplah seorang pembuat jam. Suatu Malam, ia bermimpi dan bercakap-cakap dengan jam yang sedang dibuatnya, "Hai sahabatku jam, sanggupkah engkau berdetak 31,536,000 kali dalam setahun?" Sang jam terperanjat dan menjawab, "Astaga, sepertinya aku tak sanggup."

Bagaimana kalau 86,400 kali? Dengan jamku yang sekecil ini? jawab si jam ragu.
Bagaimana kalu 3,600 kali dalam satu jam?" sambung si pembuat jam.
Berdetak 3,600 kali dalam satu jam? Wah, sulit sekali" si jam tetap meragukan kemampuan dirinya.

Dengan penuh kesabaran, tukang jam bertanya lagi, "Kalau begitu, sanggupkah engkau berdetak satu kali saja dalam 1 detik?

"Oh, kalau seperti itu, aku bisa!" kata si jam dengan penuh percaya diri.

Setelah selesai dibuat, si jam pun berdetak satu kali setiap satu detik. Begitu terus dilakukannya, detik demi detik. Dan sungguh luar biasa karena ternyata selama satu tahun ia telah berdetak tanpa henti. Dan itu berarti, ia telah berdetak sebanyak 31,536,000 kali!

hal ini mungkin pernah dialami oleh anak2 kita dan tentunya mungkin juga dialami oleh anak-anak lain diluar sana.

terkadang dalam menghadapi proses belajar terutama materi pelajaran baru,anak-anak kita sering berlaku seperti jam itu.

saat mendapatkan soal-soal yg baru, pada awalnya mereka tidak percaya diri dan meragukan kemampuannya untuk dapat menyelesaikan soal-soal tersebut, dan tanpa mencoba mengerjakannya terlebih dahulu mereka sudah menyerah.

namun ketika mereka kita bimbing pelan-pelan dan kemudian mencoba mengerjakannya secara mandiri soal demi soal,ternyata tanpa mereka sadari mereka mampu dan mereka berseru sangat girang " lihat mama...aku bisa,ternyata tidak susah ya..!"

Dengan banyak berlatih soal demi soal, secara tidak langsung mereka dilatih untuk memiliki rasa percaya diri, sehingga mereka memiliki keyakinan bahwa susah tidak berarti tidak bisa dipecahkan,asalkan kita mau berusaha.dan yang lebih penting lagi,rasa percaya diri menumbuhkan sebuah sikap positif bahwa " SAYA BISA KARENA SAYA BERPIKIR SAYA PASTI BISA!"

akhirnya, rasa percaya diri itu akan memampukan mereka untuk menjalani setiap tugas/pekerjaan yang harus mereka selesaikan bahkan untuk pekerjaan yang menurut mereka mustahil sekalipun.

Disinilah peran kita sebagai oragtua ditantang untuk dapat menciptakan rasa percaya diri pada anak                      kita.yakinkan pada mereka bahwa dlm menghadapi masalah sesulit apapun,katakan selalu " SAYA BISA KARENA SAYA YAKIN SAYA PASTI BISA!"
◄ Newer Post Older Post ►