Rabu, 22 Juli 2009

OPERATING SYSTEM

Sistem Operasi atau dalam bahasa Inggris disebut juga Operating System (OS) adalah program komputer yang berfungsi sebagai penghubung antara hardware dan software lain yang berjalan pada komputer itu.

WiFi-Mobile-Phone-Android-OS-G2- Ilustrasi sederhananya begini, komputer yang kamu gunakan itu tidak lain adalah benda mati yang nyaris tidak ada nilainya kalau tidak ada program atau software yang berjalan di atas komputer itu, seperti misalnya Microsoft Office, Internet Explorer, Firefox, Yahoo Messenger, dll. Software-software itu harus berkomunikasi dengan hardware, misalnya ketika kamu menyimpan dokumen Word ke harddisk, itu berarti software Word kamu berkomunikasi dengan harddisk. Misalnya juga ketika kamu membuka situs internet, itu berarti software Internet Explorer atau Firefox kamu berkomunikasi dengan network (baik kabel atau via gelombang radio).

Nah, software-software itu sebetulnya tidak bisa langsung berkomunikasi dengan hardware komputer (seperti harddisk dan network card) tanpa dijembatani oleh sebuah 'program khusus'. Nah, program khusus ini adalah Operating System yang kita bahas ini.

Fungsi Sistem Operasi ini untuk mengatur dan mengkoordinasi kegiatan dan pembagian sumber daya di komputer kamu. Kok ada sumber daya? Ya iya dong, harddisk, USB, monitor, CD ROM, network card, dll adalah sumber daya di komputer kamu, yang harus diatur dan dikoordinasi dengan baik sehingga bisa kamu gunakan. Coba bayangin kalau tidak ada yang mengatur koordinasi sumber daya ini, maka bisa jadi program Word dan MP3 player kamu bakalan rebutan menggunakan harddisk.

atm_windows Sistem Operasi itu macam-macam lho, ada yang untuk Personal Computer seperti yang di rumah kamu atau kamu pakai di warnet. Ada yang untuk komputer-komputer besar, seperti yang digunakan di bank-bank untuk melayani transaksi ATM. Ada juga yang digunakan untuk komputer 'kecil', seperti pada smartphone (itu tuh, handphone canggih yang ada macam-macma program di dalamnya).

Sistem Operasi yang terkenal untuk Personal Computer saat ini adalah Microsoft Windows dan Linux. Windows dibuat oleh Microsoft, sementara Linux dibuat oleh komunitas programmer di seluruh dunia. Contoh sistem operasi untuk komputer-komputer besar seperti yang digunakan di bank-bank adalah UNIX atau AS 400. Selain itu ada juga sistem operasi yang digunakan untuk smartphone seperti Windows Mobile (atau Windows CE), Symbian dan Android.

Kamu penasaran pengen tahu lebih dalam tentang masing-masing sistem operasi itu? Nah, kamu ikuti deh penjelasan lanjutan di sini yah. Siapa tahu ada di antara kamu yang membaca ini nantinya menjadi ahli komputer kelas dunia. (DOS)
◄ Newer Post Older Post ►