Rabu, 22 Juli 2009

ARSIP MAHLUK HIDUP

Pernahkah kamu berfikir, bagaimana mahluk hidup di dunia ini menjaga kelangsungan hidup generasinya? Berada dimanakah data yang berisi tentang informasi seekor kucing misalnya, warna bulunya, bentuk matanya, panjang ekornya, dan sebagainya?

Misal kamu sudah susah payah mendesign sebuah mobil mainan, bentuknya sedan, dengan dua pintu, warna biru, digerakkan dengan tenaga battery. Nah, kamu tentu tidak ingin susah payah jika ingin memperbanyak mobil-mobilan ciptaan kamu itu. Yang kamu lakukan adalah menuliskan semua catatan design kamu itu, lengkap dengan gambar dan keterangannya. Mungkin kamu simpan dalam bentuk dokumen kertas, file, atau dalam dalam CD.

Begitu juga dengan mahluk hidup, dia memiliki data, informasi, semua disimpan dalam DNA (deoxyribonucleic Acid), atau asam deoksiribonukleat. DNA sendiri terbentuk dari kelompok atom-atom yang berjejer membentuk “untaian” yang memposisikan diri pada inti sel semua mahluk hidup.

01-coll-dna-knoll-l Untaian DNA itu disebut gen. Dan setiap manusia memiliki gen yang berbeda-beda (kecuali untuk kasus kembar identik).

Dengan memeriksa sebuah DNA, kamu akan mengetahui seluruh informasi mengenai pemilik DNA tersebut, misal warna kulitnya, bentuk tubuhnya, jenis kelamin, pokoknya semuanya.

fingerprint-1 Seperti halnya sidik jari manusia, karena diantara manusia penghuni bumi ini, kecil kemungkinan ada yang memiliki DNA yang identik, maka “kunci idenitas” ini bisa digunakan sebagai petunjuk jitu dalam beberapa kasus kejahatan, dan kasus lain. Dengan mencocokkan DNA yang ada di tempat kejadian, dari sisa darah, kuku, rambut, yang kemudian dicocokkan dengan DNA tersangka, dapat diketahui siapakah yang terlibat. Ahli yang melakukan ini disebut Ahli DNA Forensik.

dolly300 Dengan informasi mengenai DNA, manusia juga mulai melakukan rekayasa terhadap mehluk hidup, misal mencari bibit unggul untuk jenis tumbuhan tertentu agar dapat menghasilkan buah yang lebih besar, cepat matang, dan banyak, ini disebut rekayasa genetika. Atau penggandaan yang dikenal dengan nama kloning, yang sudah sukses dilakukan terhadap hewan domba bernama DOLLY pada tahun 1997. Banyak perdebatan tentang upaya rekayasa genetika ini, bahkan jika nantinya bisa berhasil menggangakan manusia.

DNA ini benar-benar patut kamu kagumi, semua yang terdapat pada anggota tubuh kamu yang terkandung dalam inti sel kamu, bagian terkecil dari tubuh kamu, ternyata dapat memberi informasi lengkap tentang siapa diri kamu sebenarnya.***
◄ Newer Post Older Post ►