Rabu, 22 Juli 2009

LED,lampu masa depan

LED atau Light Emitting Diode, adalah semikonduktor (salah satu bahan komponen listrik) yang memancarkan cahaya ketika di beri arus listrik, secara sederhana dijelaskan LED adalah lampu kecil yang membutuhkan daya listrik kecil namun menghasilkan cahaya yang cukup terang. Dengan keunggulan seperti itu, LED kini mulai menggantikan lampu-lampu listrik lama yang menggunakan kawat pijar.

Warna yang dipancarkan oleh lampu LED adalah bergantung pada bahan semikondukter yang di gunakan

senter21ledContoh paling sederhana adalah penggunaan lampu senter. Kini Lampu senter menggunakan kumpulan LED yang menghasilkan nyala terang yang setara dengan yang dihasilkan lampu senter dengan bohlam biasa.

lalulintasledBeberapa kota besar di Indonesia juga mulai mengganti lampu lalulintas nya dengan type LED ini. Jika bola lampu pijar berumur sekitar 4000 jam, maka lampu LED ini mampu bertahan hingga 10.000 Jam. Daya lampu LED masing-masing 10 watt, bandingkan dengan daya lampu pijar sebesar 60 watt, wah tentu sebuah penghematan ya...karena lampu lalu lintas ini harus terus menyala bergantian selama 24 jam khan?
◄ Newer Post Older Post ►