Rabu, 22 Juli 2009

BAGAIMANA SANG SURYA DIMANFAATKAN MENJADI TENAGA LISTRIK ?

NEGARA kita adalah negara tropis, dimana matahari bersinar sepanjang waktu lebih lama dibandingkan dengan negara beriklim sub-tropis. Hanya awan dan mendung saja yang mungkin menghalangi sinar matahari pada saat tertentu. Energi matahari ini dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Bagaimana cara nya? Apa yang kamu perlukan untuk dapat memanfaatkan energi matahari menjadi listrik? Berapa besar tenaga ”listrik” yang dihasilkannya?

Matahari adalah sumber dari segala sumber energi di alam semesta ini. Minyak bumi yang kita ”sedot” dari bawah permukaan bumi adalah juga mengandung ”energi” matahari yang pada jaman dahulu ”diserap” oleh materi organik yang sekarang terpendam di dalam perut bumi.

Solar+Cell+DescriptionUntuk memanfaatkan energi matahari secara langsung, kamu membutuhkan ”solar cell” atau disebut juga sel PV (photovoltaic) berupa keping-keping silikon (yang bisa diperolah dari "buangan" industri semikonduktor). Solar Cell ini jika terkena sinar matahari akan terjadi ”reaksi” di dalam kepingan tersebut dan menghasilkan ”listrik”.

Sebagai gambaran, cell berukuran satu meter persegi dapat menghasilkan tenaga listrik sebesar 130 Watt pada saat "panas", atau "hanya" 655 watt-jam per hari,(jika rumah kamu terpasang jaringan listrik PLN, setidaknya memiliki daya 1300 watt). Perlu kamu ketahui bahwa listrik di rumah kita adalah untuk 24 jam, sementara matahari hanya bersinar rata-rata 6.5 jam satu harinya (sudah termasuk jika ada mendung dan hujan). Maka masih dibutuhkan alat tambahan "penyimpan listrik" berupa battery atau accu.

Sinar matahari memang dapat kita manfaatkan secara cuma-cuma, namun teknologi yang membuatnya menjadi tenaga ”listrik” tentulah mahal. Dan jangan lupa pabrik yang memproduksi solar cell, atau battery, adalah pabrik yang membutuhkan ”energi listrik” yang besar pula, dan juga limbahnya pasti mencemari lingkungan.

Energi tidak dapat diciptakan dan juga tidak dapat dihilangkan, yang bisa kita lakukan oleh manusia adalah ”merubah” energi, dan memindahkan dari satu tempat ke tempat lain, dan aha..itu membutuhkan biaya yang besar.

Upaya terbaik buat kita penghuni bumi dalam melestarikan lingkungan adalah BERHEMAT dan tidak "membuang-buang" dalam penggunaan ENERGI. Barangkali kamu perlu melakukan ”penelitian” tentang seberapa besar hasil dari upaya ”ramah lingkungan” tersebut, termasuk biayanya.

Bukan berarti kamu semakin ”boros energi” walau menggunakan Energi Surya ini kan? ***

Catatan : ada yang mau mencoba membuat sel surya sendiri? coba deh baca disini

(dari berbagai sumber)
◄ Newer Post Older Post ►