Jumat, 07 Oktober 2011

PERANAN EFFECTIVE MICROORGANISME – 4 (EM4) BAGI TANAMAN

Teknologi EM4 adalah teknologi budidaya pertanian untuk meningkatkan kesehatan dan kesuburan tanah dan tanaman dengan menggunakan mikroorganisme yang bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman. Effective Mikroorganisme-4 (EM4) mengandung bakteri dari genus Lactobacillus (bakteri penghasil asam - asam laktat), serta dalam jumlah sedikit bakteri fotosintetik, Streptomyces sp. dan ragi. Penelitian tentang penggunaan EM4 dalam bidang pertanian telah dilakukan sejak tahun 1980.
Menurut teori konvensional, bahan organik yang dicampurkan ke dalam tanah akan diuraikan oleh mikroorganisme, dan mineral yang dilepaskan dari hasil penguraian tersebut menjadi tersedia dan dapat diserap oleh perakaran tanaman. Bahan organik yang dicampurkan ke dalam tanah dapat difermentasikan oleh Lactobacillus sp. dan mikroorganisme penghasil laktat. Fermentasi tersebut menghasilkan gula, alkohol, asam amino, asam laktat dan senyawa lainnya yang dapat diserap langsung oleh perakaran tanaman untuk metabolisme hidupnya.
kandungan asarn amino yang dihasilkan dari inkubasi bahan organik dengan EM4 lebih tinggi dari kontrol. Penelitian lebih mendalam menunjukkan bahwa bahan organik yang difermentasi oleh Lactobacillus sp. mempunyai kandungan humus yang lebih tinggi daripada kontrol. Fermentasi bahan organik (rumput hijau) oleh EM4 memberikan pengaruh yang nyata terhadap pertumbuhan tanaman.

◄ Newer Post Older Post ►