Jumat, 28 Oktober 2011

MENGEMBALIKAN DATA DI HARDDISK YANG SUDAH TERFORMAT


---------------------------------------------------------------------------------
Tulisan ini saya tulis, berangkat dari pengalaman pahit saya hari sabtu (22 10 2011) ketika tanpa sengaja Rekan Kerja saya memformat hardisk. Ceritanya berawal, saat saya dengan rekan kerja saya menginstall PC server IBM di kantor tempat saya kerja. Ternyata Pas di step Awal instalasi Windows server memakai cd instalation server IBM.entah kenapa tiba-tiba tanpa tidak sengaja memformat semua partisi harddiksnya sedangkan isi harddiks tersebut banyak data-data penting alias backup database system. Akhirnya….. seperti kiamat bagi saya pada hari itu. Artinya semua Data di Harddisk (dalam drive C, D ) telah lenyap .

Saya terpaku sejenak memikirkan masalah ini. Betapa tidak, semua data-data penting dan backup database hilang semua. Tapi saya berusaha menenangkan diri karena pengalaman buruk ini , dimana semua data di harddisk Server IBM hilang semua dan tidak bisa dikembalikan .

Saya lakukan jurus berikut untuk solusi:

berfikir tenang, semua masalah pasti ada jalan keluar

bertanya ke mbah google, mencari informasi seputar cara mengemalikan partisi yang hilang akibat format hardisk. saya temukan banyak program untuk penyelamat data yang hilang
siap lembur untuk meng-obrak-abrik Harddisk server IBM
saya gunakan program Active Partition Recovery, Partition Find and Mount, tapi semuanya terlalu lama, dan tidak memuaskan.

Saya coba program TestDisk 6.10 win (tampilannya for DOS) dan setelah 3 jam saya nunggu sambil berantas virus di PC Client . Di step ini, hati saya mulai tenang dan langsung mengucapkan Alhamdulillah, karena file-file saya bisa kembali seperti sedia kala 100%. Thank to Allah SWT, thank to mbah google, dan thank to pembuat software Test Disk.
Pukul 21:00 Wita, semua Data di harddisk telah kembali (restored) semua.
Alhamdulillah langsung melanjutkan instalasi windows server yang tadinya tertunda.
Akhirnya bisa pulang pukul 22.00 wita. dan tidur nyenyak,,,

Kesimpulan cerita:

Gunakan software Test Disk untuk mengembalikan semua partisi yang hilang,semua data yg hilang atau foto anda yang hilang baik di Hardisk, maupun USB/Flash Disk. Program ini FREE / GRATIS 100%
cari aja di mbah google softwarenya TestDisk 6.10 .
◄ Newer Post Older Post ►