Sabtu, 14 Januari 2012

Manfaat SOP Kerja dan Cara Membuatnya

Standard Operatiing Procedure (SOP) merupakan suatu rangkaian tertulis mengenai suatu bisnis process dari suatu aktivitas bisnis pada perusahaan. Dengan melakukan SOP perusahaan dapat memastikan suatu aktivitas bisnis bisa berjalan sesuai dengan standard yang diharapkan. Pendokumentasian SOP diperlukan untuk menghasilkan system kualitas dan teknis yang konsisten dan mempertahankan kualitas control serta menjaga bisnis proses tetap berjalan.
Design SOP yang salah atau tidak tepat bisa menyebabkan bisnis proses di internal perusahaan menjadi kacau dan tidak berkembang.Oleh karena itu design SOP harus bisa diljalankan sedemikian rupa dan jelas serta detail sehingga individu yang bekerja di dalamnya juga bisa mengetahui bagaimana menjalankan suatu prosedur kerja.
Manfaat adanya SOP adalah:
1. Dapat menjaga konsistensi dalam menjalankan suatu prosedur kerja
2. Lebih jelas mengetahui peran dan posisi masing-masing di internal perusahaan
3. Memberikan kejelasan mengenai prosedur kerja, dan tanggung jawab dalam proses terkait
4. Memberikan keterangan mengenai keterkaitan dengan satu proses kerja dengan proses kerja
5. Meminimalisir kesalahan dalam melakukan pekerjaan
6. Membantu dalam melakukan evaluasi terhadap setiap proses operasional perusahaan
Cara Pembuatan SOP:
Dalam membuat SOP diperlukan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Melakukan observasi atau pemetaan terhadap proses kerja yang sudah berjalan atau akan berjalan
2. Melakukan benchmarking bila diperlukan dengan perusahan sejenis
3. Mendesign SOP sesuai dengan hasil observasi dan hasil referensi untuk menambah ketajaman dari design
    S O P
4. Melakukan analisa terhadap design sop yang sudah dibuat untuk diimplementasikan
5. Melakukan review SOP agar SOP yang sudah dibuat bisa dijalankan tanpa ada hambatan



Sumber : http://www.pressreleasepoint.com
◄ Newer Post Older Post ►