Minggu, 16 September 2012

Pembuat Film Nabi Diperiksa di California

Seorang pria California yang diduga terlibat dalam produksi film yang dianggap menghina Nabi Muhammad diperiksa oleh pihak berwenang.

Protes menentang film anti Islam ini menyebar ke 18 negara termasuk Australia.
Protes menentang film anti Islam ini menyebar ke 18 negara termasuk Australia.

Nakoula Basseley Nakoula (55) secara sukarela diperiksa Sabtu (15/9/2012) pagi di kantor kepala polisi di Cerritos, California, kata juru bicara kantor polisi Steve Whitmore.

"Ia akan diperiksa oleh para petugas," kata Whitmore. Ia mengatakan Nakoula tidak ditahan namun dapat masuk penjara lagi bila dianggap melanggar peraturan bebas secara bersyarat.

Ia dipenjara tahun 2010 karena penggelapan dan tidak diizinkan untuk menggunakan internet atau menggunakan nama alias tanpa izin petugas berwenang.

Nakoula sendiri menyanggah terlibat pembuatan film yang memicu protes di paling tidak 18 negara termasuk Australia.


Film tersebut menggambarkan Nabi Muhammad sebagai pemimpin sekelompok pria yang haus darah dan juga seseorang yang suka perempuan.

Korban akibat protes

Nakoula dibawa dari rumahnya oleh beberapa petugas dan menutup wajahnya dengan syal serta menggunakan topi dan kacamata hitam.

Film yang dibuat dengan kualitas buruk ini diproduksi di California dan beredar melalui internet dengan beberapa judul termasuk "Innocence of Muslims."

Film yang dianggap menghina Nabi Muhammad ini memicu protes di berbagai negara termasuk di Benghazi, Libya, yang menyebabkan tewasnya duta besar Amerika Selasa lalu.

Dua orang tewas di Tunisia Jumat (14/9/2012) setelah massa masuk ke pekarangan kedutaan Amerika di Tunis dan bentrok dengan polisi antihuru-hara. Sekolah Amerika yang terletak tidak jauh dari kedutaan dibakar.

Satu orang tewas dalam protes di Mesir dan seorang lagi di Lebanon. 



Sumber : Kompas
◄ Newer Post Older Post ►