Sabtu, 29 September 2012

Tujuh Tips Menghilangkan Kebiasaan Ngorok

Ngorok atau mendengkur adalah masalah kesehatan sering kita alami saat tidur. Hal ini terjadi salah satunya karena terjadinya penyempitan atau tidak lancarnya saluran pernapasan. ketika jaringan-jaringan di balik kerongkongan, seperti lidah dan langit-langit mulut saling bersinggungan, bergetar dan memproduksi bunyi dengkuran.

Tips Menghilangkan Kebiasaan Ngorok

Pada kasus lain, persinggungan jaringan-jaringan tadi dapat langsung menghilangkan suplai udara ke dalam tubuh kita. Ini yang disebut sleep apnea, tubuh mengalami kekurangan oksigen, yang dapat merusak kesehatan terutama jantung Anda.

Ngorok sering terjadi pada orang yang memiliki berat badan berlebih, hal ini dikarenakan banyak bagian tubuh tertutup lemak termasuk pada saluran pernapasan. Namun ngorok juga dapat disebabkan karena seseorang terlalu lelah.

berikut ini beberapa tips kesehatan untuk menghilangkan kebiasaan ngorok :


1. Tidurlah dengan posisi Menyamping.
posisi telentang saat tidur, menyebabkan pangkal lidah jatuh yang dapat menjadi beban sehingga menyebabkan ngorok.

2. Kurangi berat badan dengan olahraga.
dengan berolahraga selain sehat juga dapat mengurangi lemak dalam tubuh, termasuk pada saluran pernapasan sehingga sirkulasi udara lebih lancar.


3. Berhenti merokok.
Merokok dapat menyebabkan gangguan pada pernapasan yang dapat menyebabkan ngorok.

4. Hindari alkohol.
Alkohol dapat menyebabkan relaksasi pada otot-otot leher, sehingga dapat menyebabkan mendengkur ngorok.

5. Atur pola tidur sehat dan teratur.
begadang dan kurang tidur dapat menyebabkan tubuh lelah, hal tersebut dapat menyebabkan mendengkur/ngorok.

6. Minumlah banyak cairan.
kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat menyebabkan kering dan lengketnya saluran pernapasan sehingga menyebabkan mendengkur/ngorok.

7. Agak tinggikan posisi kepala
Dengan meninggikan posisi kepala mungkin akan menghilangkan tekanan pada otot-otot pernapasan, sehingga saluran pernapasan lebih lancar.

mulailah mengurangi atau hilangkan kebiasaan mengorok, karena dampak dari ngorok berbahaya bagi kesehatan dan teman tidur :) . Mulailah pola tidur sehat agar mendapat kesegaran disaat anda bangun untuk memulai hari yang lebih baik.

Sumber : http://www.jadigitu.com/2012/09/tips-menghilangkan-kebiasaan-ngorok.html
◄ Newer Post Older Post ►