Minggu, 30 September 2012

Peluang Usaha Sampingan Budidaya Ternak Hamster


Peluang budidaya ternak hamster cukup bagus karena hamster adalah binatang lucu dan berbentuk kecil jadi mudah dalam pemeliharaan. Pasar untuk hamster juga terbuka luas dari mulai anak-anak sampai orang dewasa.


Untuk membuat ternak hamster ini anda tinggal membeli sepasang hamster yang sudah siap beranak untuk diternakan. Satukan hamster tersebut dalam satu kandang maka beberapa hari kemudian hamster akan hamil dan kemudian melahirkan anak. Tapi ada satu kebiasaan buruk dari induk jantan hamster ini yaitu ketika dia stress kadang suka memakan anaknya sendiri yang masih bayi.

Sebaiknya ketika hamster telah lahir maka pejantan harus dipisahkan ke kandang yang lain agar bayi hamster selamat dan bisa menyusu kepada ibunya dengan tenang. Untuk memelihara budidaya hamster agar tumbuh besar dan bisa menghasilkan anak maka harus diperhatikan hal-hal dibawah ini:

Jagalah kandang supaya selalu dalam keadaan bersih dan kering. Untuk menjaga kekeringan dan kebersihan kandang, gunakanlah pasir atau serpihan kayu agar air menyerap kebawah sehingga bulu hamster tetap dalam keadaan kering dan bersih. 

Alas yang terdiri dari pasir atau serpihan kayu harus diganti sekurang-kurang 2 minggu sekali. 
Beri makanan dan minuman yang cukup. Untuk minuman jangan diberikan air karena akan menimbulkan basah dan mati, maka sebagai gantinya berilah toge yang masih segar pada pagi dan sore hari. 

Jika makanan di kandang habis, baru masukan kembali makanan yang baru supaya makanan selalu segar dan kebersihan kandang dapat terjaga. Semoga peternakan hamster anda menjadi usaha sukses yang akan memberikan anda bukan hanya hobi tapi juga keuntungan finansial. 
◄ Newer Post Older Post ►