Rabu, 02 Mei 2012

Goa Semar Dieng

             Tidak jauh dari Telaga Warna & Telaga Pegilon ada beberapa goa alam yang memiliki legenda dan suasana yang mistis, setidaknya ada tiga goa disini yaitu Goa Semar, Goa Sumur & Goa Jaran.   

Goa Semar         
                Pengunjung bisa langsung mengetahui goa itu karena ada arca Semar di depan mulut goa-nya. Semar adalah salah satu punakawan yang dianggap paling bijaksana. Dinamai Goa Semar karena penduduk setempat percaya bila goa ini dijaga oleh Eyang Semar. Banyak orang bersemedi di goa ini, laki atau perempuan dengan tujuan menginginkan keselamatan.(http://googlemelulu.blogspot.com)
  
Goa Semar berada Di tepi Telaga Warna, terdapat beberapa gua kecil. Salah satu diantaranya adalah Gua Semar. Panjangnya sekitar 4 meter dengan dinding batu dan dapat digunakan untuk bermeditasi. Ada gua lain di sampingnya yaitu gua Sumur dan Gua jaran.

Di dalam gua Sumur ini terdapat sumber air suci yang disebut "Tirta Prawitasari" di lokasi inilah umat Hindu biasanya mengadakan upacara ritual yang disebut Muspe/Mubakti. Disamping gua-gua kecil tersebut, juga terdapat kawah. Kawah tersebut adalah kawab Sikendang. Dinamai demikian karena kadang-kadang mengeluarkan bunyi seperti kendang. (http://www.wisatanesia.com)

◄ Newer Post Older Post ►