Sabtu, 04 Agustus 2012

Tips Atasi Nyeri Punggung Dengan Meditasi

Berdiam diri sejenak untuk melakukan meditasi, ternyata tidak hanya memberikan efek menenangkan jiwa tapi juga memberikan manfaat Kesehatan fisik.

 

Seperti dijelaskan Michael F. Roizen, MD. Chief wellness officer dari Wellness Institute of the Cleveland Clinic, meditasi akan membantu memperbaiki rasa sakit seperti radang sendi, diabetes tipe 2, dan autoimun.

Sakit pada punggung misalnya, rasa nyeri ini akan bertambah saat Anda memfokuskan diri pada rasa sakit tersebut. Sebaliknya, Anda harus mengambil langkah untuk mengurangi fokus tersebut.

Ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, termasuk meditasi. Teknik ini akan cepat membantu otot menjadi lebih rileks. Meditasi ini akan bekerja pada beberapa titik syaraf sekaligus. Berita baiknya, Anda tidak membutuhkan waktu atau ruangan khusus untuk penyembuhan ini.  Anda hanya memerlukan konsentrasi penuh untuk memikirkan hal lain yang menyenangkan.

Efek dari meditasi ini dapat  mengurangi respon inflamasi yang terjadi pada tubuh dengan mengistirahatkan otot sejenak. Hal ini juga dibenarkan oleh Dr Fadel Zeidan dari Wake Forest Baptist Medical Center di Carolina Utara.

Ia menambahkan,  jika scan yang dilakukan setelah meditasi menunjukkan penurunan rasa nyeri pada pasien, 11 hingga 93 persen. Meditasi ini secara signifikan akan mengurangi aktivasi primary somatosensory cortex, yakni area krusial yang terlibat dalam menciptakan stimulus dan rasa sakit.

"Sebuah  studi juga menunjukkan bahwa meditasi selama 1 jam secara dramatis bisa mengurangi rasa sakit dan menenangkan aktivasi otak yang terkait dengan nyeri," terangnya. 



Sumber : http://asalasah.blogspot.com/2012/08/mengatasi-nyeri-punggung-dengan-meditsai.html
◄ Newer Post Older Post ►