Kamis, 02 Agustus 2012

Hiu Berbobot 20 Ton Terdampar di Bantul

Seekor hiu paus (whale shark) atau hiu tutul dengan panjang 13 meter dan lebar 3,83 meter, dengan bobot sekitar 20 ton, terdampar di Pantai Baru, Pandansimo, Bantul, Yogyakarta, Rabu (1/8/2012) petang.

Seekor hiu paus (whale shark) terdampar di Pantai Baru, Pandansimo, Bantul, Yogyakarta
Seekor hiu paus (whale shark) terdampar di Pantai Baru, Pandansimo, Bantul, Yogyakarta

Hiu yang sempat diikat ekornya oleh warga setempat tak mampu bertahan dan akhirnya mati.

Ridwan, volunteer Animal Friends Jogja (AFJ) mengatakan, pada Rabu petang pukul 18.15 hiu paus tersebut awalnya berada sekitar 20-50 meter dari pantai.

"Hiu sempat berusaha kembali ke tengah lautan, tapi lemas dan tak mampu melawan arus," ucap Ridwan, Kamis (2/8/2012) pagi ini di Pantai Baru, Pandansimo, Bantul.

Beberapa saat kemudian, warga setempat ada yang mengikat ekor hiu dan menariknya ke pantai untuk diambil siripnya. Karena berada di daratan, maka hiu tersebut semakin lemas dan mati.

"Pukul 22.00 WIB tadi malam, kami sempat bersitegang dengan warga agar mereka melepaskan tali di ekor hiu. Setelah kami memanggil pemuka adat setempat, warga lalu melepaskan ikatan," kata Dessy Zahara Angelina, Program Manajer AFJ.

"Karena hiu paus adalah jenis spesies ikan, ketika tidak berada di air akan cepat mati. Kondisinya beda dengan paus yg bernafas dengan paru-paru, dan bisa bertahan beberapa saat di daratan," tambah Dessy. 




Sumber : Kompas
◄ Newer Post Older Post ►