Jumat, 15 April 2011

Penyebab dan Cara Mengobati Jerawat


Berbicara masalah Jerawat siapa yang tak kenal dengan penyakit ini, hampir sebagian orang pernah mengalami nya. Jerawat adalah keadaan dimana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Seorang peneliti menyebutkan “tak ada satu orang pun didunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat dikulitnya. Pemicu jerawat biasanya disebabkan oleh stres, kehamilan, pemakaian pil KB, dan menstruasi.
Penyebab
  1. Produksi minyak berlebih, dimana kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sevaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit.Dan yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum dikulit yang berkolaborasi dengan bakteri
  2. Sel-sel kulit mati. Adanya kelenjar minyak dan bercampur dengan sel kulit mati dapat membentuk penyumbatan yang menjadi bintik hitam atau putih. Biasa jerawat juga menyerang bagian punggung, dada dan lengan atas.
  3. Bakteri, adanya bakteri dikulit yang berkembang biak didalam kelenjar sebaceous membuat keadaan semakin parah karna dapat menimbulkan iritasi. Kelenjar tersebut membengkak, lalu mungkin akan pecah dan menyebarkan radang ke kulit lain.  Dampak nya biasa terjadi pada jerawatbatu yaitu meninggalkan pigmentasi jangka panjang atau bekas luka permanen.
Tipe-tipe jerawat.
  • Komedo, pori-pori yang tersumbat. disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak berlebihan pada kulit.
  • Jerawat biasa, tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Stress,udara dan hormon dapat membuat jerawat semakin besar.
  • Jerawat batu (Cystic acne), dari namanya  sudah jelas bahwa jerawat ini cukup besar karna peradangan hebat, berkumpul diseluruh muka.
Pengobatan :
Cara Alami
  1. Ambil 2-3 helai daun pepaya yang sudah tua dan jemur.
  2. Lumatkan daun pepaya tersebut dan diberi air kemudian diperas untuk diambil sarinya.
  3. Oleskan sari daun pepaya tersebut pada jerawat.
◄ Newer Post Older Post ►