Rabu, 20 April 2011

Gejala Penyebab dan Pengobatan Katarak

Katarak adalah kerusakan pada bola mata yang bisa membuat mata rabun dan lensa mata berselaput.dengan itu lensa mata akan menjadi keruh dan cahaya tidak dapat menembusinya. Katarak biasa terjadi perlahan-lahan menyebabkan kehilangan penglihatan dan berpotensi membutakan jika tidak diobati. Dan akan mempengaruhi kedua mata.
Katarak senilis terjadi pada usia lanjut, awalnya akan terjadi keburaman pada lensa, kemudian pembengkakan lensa dan kehilangan transparasi seluruhnya. Lapisan luar katarak akan mencair dan membentuk cairan putih susu selama seiring berjalannya waktu yang dapat menyebabkan peradangan hebat jika terjadi kebocoran atau pecah kapsul lensa.
Gejala
penglihatan buram
ketajaman penglihatan berkurang
Penglihatan dekat
Perubahan dalam persepsi warna
Daya penglihatan berkurang sampai kebutaan

Penyebab
Cedera pada lensa mata
Diabetes
Penyakit mata
Katarak kongenital
Pemaparan berlebihan dengan sinar ultraviolet
Pengobatan :
Cara I ; Jamu
Daun Poncosudo 25 gram, daun trawas 7 gram, adas 5 gram, daun jinten 10 gram, daun sendok 8 gram, pulasari 7 gram dan air 2 gelas. Semua bahan di rebus hingga mendidih, api matikan dan biarkan tertutup, setelah hangat saring dan minum 2x sehari 1 gelas.
pilihan lain: herba meniran 25 gram, daun kembang sepatu 15 gram, herba sambiloto 30 gram, direbus dengan 2 gelas, proses selanjutnya sama dengan diatas
Kalau bahan diatas susah didapat, daun sambiloto satu genggam dan daun iler 5 lembar direbus dengan 2 gelas air
Bila masih tidak ketemu bahan diatas, wortel 2 batang dan ubi jalar diparut ditambah air dan diperas, ditambah madu diminum 2x sehari 3/4 gelas.
◄ Newer Post Older Post ►