Senin, 22 Juni 2009

Strategi Marketing YLBHI


Oleh : Fajar Artadi
Berbisnis itu kudu kreatif. Tidak terkecuali dalam menerapkan strategi marketing. Anda tertarik mencoba Strategi Marketing YLBHI seperti saya?

Strategi Marketing YLBHI merupakan kependekan dari "Your Low Budget High Impact". Karena memang strategi ini didesain minim biaya, tapi dengan harapan hasil yang optimum.

Awalnya begini, dalam kurun waktu tertentu kami sering mengadakan Program Promo untuk menarik orang berkunjung ke toko. Salah satu cara menginformasikannya adalah dengan membuat spanduk yang dipasang di depan toko. Nah, setelah program berakhir, otomatis spanduk dicopot dan sering tidak terpakai lagi.

Suatu saat di seberang toko kami ada warung es kelapa yang baru 'launching'. Ketika yang punya melihat ada spanduk nganggur di toko kami, lalu dia memintanya untuk dijadikan halangan/penutup dari panas matahari di warungnya.

Karena letak warung itu di arah jalur pulang dan dekat sekali perapatan yang saban waktu macet terus, banyak pengendara yang lewat sambil menunggu macet melihat dan membaca spanduknya. Dan ternyata tidak sedikit yang kemudian bertanya ke warung tersebut tentang isi spanduknya dan ditunjukkan ke toko kami.

Dari situ timbul ide kenapa tidak kita maksimalkan aja spanduknya, dengan desain khusus plus identitas dari warung es kelapanya sehingga sih empunya warung jadi ikut seneng.

Akhirnya saya buat desain mirip papan penunjuk arah seperti punyanya DLLAJ, tapi di bawahnya dituliskan "Warung Es Kelapa Muda Tanjakan". Ketika diberikan kepada pemilik warung es, betapa senang dia melihatnya. Sekarang warungnya punya identitas. Saat itu juga dia mempersilahkan langsung dipasang oleh salah satu karyawan saya.

Twinggg, ternyata semenjak dipasang, tidak butuh waktu seminggu atau dua minggu untuk mendapatkan respon leads/prospek. Dalam dua-tiga hari sudah ada yang menghubungi kami dan menyatakan mendapat info dari spanduk di warung es tersebut. Dan sampai saat ini terus bertambah jumlahnya.

Alhamdulillah, dengan modal minim (sekitar Rp 50 ribu untuk cetak spanduk) bisa mendapat hasil yang maksimal. Malah ada juga rencana mau pasang lagi ditempat lain sekaligus berfungsi sebagai
penunjuk arah ke toko komputer kami.

Ohya, bagi yang ingin melihat seperti apa sih spanduknya, monggo mampir kesini: http://fajarartadi.blogspot.com/2008/08/satu-lagi-strategi-marketing-ylbhi-saya.html



◄ Newer Post Older Post ►