Senin, 18 Juli 2011

Musibah Merupakan Pintu Kebaikan


Gempa Tsunami Aceh 2004 - Masjid Agung Kokoh Berdiri
Mereka yang sedang mendapat MUSIBAH adalah orang yang sedang di CINTAI Allah. 
"Barangsiapa yang dikehendaki Allah dengan keBAIKan maka ditimpakan UJIAN padanya.” (HR. Bukhari)
“ Sesungguhnya Allah ‘Azza wajalla bila menCINTAi suatu kaum Allah mengUJI mereka. Barangsiapa berSABAR maka baginya manfaat kesabarannya dan barangsiapa BENCI maka Allahpun memBENCInya.. (HR. Tirmidzi)


Biksu Budha saat tsunami di Jepang. Photo: European Pressphoto Agency
Dan kita yang tidak terkena musibah telah dibukakan PINTU KEBAIKAN,
Siapa yang PEDULI dan MEMBANTU orang yang terkena MUSIBAH,
Maka merekalah orang-orang yang DIPILIH oleh Allah untuk MEMBANTU saudaranya.

Dengan memberikan MUSIBAH Allah memberikan KEBAIKAN yang banyak kepada semuanya.
”Boleh jadi kamu memBENCI sesuatu, padahal ia amat BAIK bagimu, dan boleh jadi (pula)
kamu menCINTAi (menyukai)sesuatu, padahal ia amat BURUK bagimu; Allah mengetahui,
sedang kamu tidak mengetahui.” (QS Al Baqarah : 216)


Marilah kita memasuki PINTU KEBAIKAN yang diSAYEMBARAkan oleh Allah...

Buktikan kita adalah orang Muslim yang bersaudara!
Buktikan keimanan kita di hadapan Allah Subhanahu wa ta’ala!
“Kamu TIDAK AKAN sampai kepada keBAJIKan sehingga kamu mengINFAQkan dari apa-apa
yang kamu CINTAi .” (QS. Ali Imran : 92)


Seorang gadis memberi sedekah kepada pengemis setelah melaksanakan Solat Ied. Foto diambil di alun-alun kota, Serang, Banten, 3 Oktober 2008. (pasarkreasi.com)
Memberi BANTUAN adalah salah satu syarat kebaikan dalam beragama.
Diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah dari Rasulullah sallahu alaihi wasallam, dari malaikat Jibril dari Allah Taala berfirman : "Sesungguhnya agama ini telah Aku ridhai untuk diriKu, dan tidak akan menjadi baik agama ini melainkan dengan banyak memBERI BANTUAN dan PEMURAH ( sakha') dan berAKHLAQ BAIK, maka oleh sebab itu MULIAkanlah olehmu agama ini dengan dua perbuatan tersebut selama kamu menjadi pengikut agama ini. " (HR. Thabrani)

Islam adalah agama KASIH, jangankan membantu manusia, membantu binatang yang najis seperti ANJING pun dianjurkan dan dapat memasukkan seorang PELACUR masuk ke dalam SURGA, sebagaimana Rasulullah Shallallaahu’Alaihi Wa ‘Ala Alihi Wa Sallam mengkisahkan dalam riwayat sahih Bukhari dan Muslim tentang seorang Pelacur yang masuk surga karena memberi minum anjing.
”Al-Kisah . Pada suatu hari seorang Pelacur melihat seekor anjing yanghampir mati karena kehausan. Pelacur itu merasa kasihan terhadap anjing tersebut lalu ia melepas sepatunya untuk mengambilkan air minum dan memberikannya kepada anjing tersebut. Allah mengampuni dosa-dosa Pelacur itu dan memasukkannya ke dalam surga karena memberikan minum kepada anjing yang kehausan."


Menjadi orang-orang yang diCINTAi oleh Allah subhanahu wa ta’ala. 
Pada suatu hari Rasululah saw ditanya oleh sahabat beliau : "Ya Rasulullah, siapakah MANUSIA yang paling diCINTAi Allah dan apakah perbuatan yang paling diCINTAi oleh Allah ? Rasulullah menjawab : MANUSIA yang paling diCINTAi oleh Allah adalah MANUSIA yang paling BANYAK berMANFAAT dan berGUNA bagi manusia yang lain; sedangkan perBUATan yang paling diCINTAi Allah adalah memberikan keGEMBIRAan kepada orang lain atau mengHAPUSkan keSUSAHan orang lain, atau melunasi hutang orang yang tidak mampu untuk membayarnya, atau memberi makan kepada mereka yang sedang kelaparan dan jika seseorang itu berjalan untuk menolong orang yang sedang kesusahan itu lebih aku sukai daripada beri'tikaf di masjidku ini selama satu bulan" (HR. Thabrani).

Hentikan Kemiskinan. Tidak memiliki apapun juga siapapun, pengemis kecil ini masih bisa dan berusaha tersenyum dan tampaknya memikirkan hal-hal yang lebih baik dalam hidupPhoto by Stitch
Lebih hebat lagi, membantu orang yang susah lebih baik daripada ibadah umrah
sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis : "Siapa yang berjalan MENOLONG orang yang SUSAH maka Allah akan menurunkan baginya 75.000 malaikat yang selalu mendoakannya dan dia akan tetap berada dalam rahmat Allah selama dia menolong orang tersebut dan jika telah selesai melakukan pertolongan tersebut maka Allah akan tuliskan baginya pahala HAJI dan UMRAH dan siapa yang mengunjungi orang yang sakit maka Allah akan melindunginya dengan 75.000 malaikat dan tidaklah dia mengangkat kakinya melainkan akan dituliskan Allah baginya satu kebaikan, dan tidaklah dia meletakkan tapak kakinya untuk berjalan melainkan Allah angkatkan daripadanya, Allah akan ampunkan baginya satu kesalahan dan tinggikan kedudukannya satu derajat sampai dia duduk disamping orang sakit, dan dia akan tetap mendapat rahmat sampai dia kembali ke rumahnya" (HR. Thabrani).

Memberikan bantuan juga dapat memadamkan kemarahan Allah
seperti dinyatakan oleh hadits: "Sesungguhnya sedekah yang sembunyi-sembunyi akan memadamkan kemarahan Allah, dan setiap perbuatan baik akan mencegah daripada keburukan dan silaturrahmi itu akan menambah umur dan menghilangkan kefaqiran dan itu lebih baik daripada membaca "la haula wa la quwwata illa bilah" padahal dengan membacanya saja akan mendapat perbendaharaan surga dan dengan berbuat baik itu juga dapat menyembuhkan penyakit dan menghilangkan kegelisahan." (HR. Thabrani).

Menolong orang lain juga dapat mengampuni dosa.
detik.com
"Siapa yang berjalan untuk membantu saudaranya sesama muslim maka Allah akan menuliskan baginya suatu kebaikan dari tiap langkah kakinya sampai dia pulang dari menolong orang tersebut. Jika dia telah selesai dari menolong saudaranya tersebut, maka dia telah keluar dari segala dosa-dosanya bagaikan dia dilahirkan oleh ibunya, dan jika dia ditimpa kecelakaan (akibat menolong orang tersebut) maka dia akan dimasukkan ke dalam surga tanpa hisab." (HR. Abu Ya'la ).

Memberikan bantuan juga dapat menolak bala, 
sebagaimana dinyatakan: "Sedekah itu dapat menolak 70 pintu bala." (HR. Thabrani).

Pertolongan Allah kepada seseorang juga tergantung dengan pertolongan yang dilakukannya antar manusia.
"Sesungguhnya Allah akan menolong seseorang hambaNya selama hamba itu menolong orang yang lain." (HR Muslim, Abu Daud dan Tirmidzi ).

Siapa yang menolong orang lain akan mendapat kemudahan di hari kiamat. 
"Siapa yang memudahkan orang yang lain dari suatu bencana maka Allah akan memudahkan kesusahannya nanti pada hari kiamat dan sesiapa yang menutup aib saudaranya di dunia, maka Allah akan menutup aibnya di hari kiamat, dan siapa yang membukakan kesempitan orang yang lain maka Allah akan melapangkan kesempitannya di hari kiamat nanti." (HR. Thabrani).

Sedekah dan pertolongan juga dapat menjadi penyejuk udara kuburan, 
sebagaimana dinyatakan dalam hadits: "Sedekah itu akan menyejukkan kepanasan dalam kubur dan akan memberikan perlindungan di hari kiamat." (HR. Thabrani).

Dan sedekah juga dapat melindungi dari api neraka. 
Maimunah bin Sa'ad berkata : ”Ya Rasulullah beri kami fatwa tentang sedekah." 
Nabi menjawab : "Sedekah itu akan menjadi hijab (dinding) dari api neraka bagi siapa yang melakukannya karena mengharapkan ridha Allah." (HR. Thabrani).

Mereka yang menolong akan mendapat pelayanan surga. 
"Siapa yang bersikap ramah kepada orang lain dan meringankan beban hidupnya baik sedikit maupun banyak maka kewajiban bagi Allah untuk memberikan kepadanya pelayanan dengan pelayanan surga." (HR. Thabrani).


Sebagaimana Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam QS Al Insaan ayat 5-22 (yang artinya):
005. Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebajikan (Al Abrar) minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur.
006. (yaitu) mata air (dalam surga) yang daripadanya hamba-hamba Allah minum, yang mereka dapat mengalirkannya dengan sebaik-baiknya.
007. Mereka menunaikan nazar dan takut akan suatu hari yang azabnya merata di mana-mana.
008. Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan.
009. Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih.
010. Sesungguhnya kami takut akan (azab) Tuhan kami pada suatu hari yang (di hari itu) orang-orang bermuka masam penuh kesulitan.
011. Maka Tuhan memelihara mereka dari kesusahan hari itu, dan memberikan kepada mereka kejernihan (wajah) dan kegembiraan hati.
012. Dan Dia memberi balasan kepada mereka karena kesabaran mereka (dengan) surga dan (pakaian) sutera,
013. di dalamnya mereka duduk bertelekan di atas dipan, mereka tidak merasakan di dalamnya (teriknya) matahari dan tidak pula dingin yang bersangatan.
014. Dan naungan (pohon-pohon surga itu) dekat di atas mereka dan buahnya dimudahkan memetiknya semudah-mudahnya.
015. Dan diedarkan kepada mereka bejana-bejana dari perak dan piala-piala yang bening laksana kaca,
016. (yaitu) kaca-kaca (yang terbuat) dari perak yang telah diukur mereka dengan sebaik-baiknya.
017. Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe.
018. (Yang didatangkan dari) sebuah mata air surga yang dinamakan Salsabil.
019. Dan mereka dikelilingi oleh pelayan-pelayan muda yang tetap muda. Apabila kamu melihat mereka kamu akan mengira mereka, mutiara yang bertaburan.
020. Dan apabila kamu melihat di sana (surga), niscaya kamu akan melihat berbagai macam keni`matan dan kerajaan yang besar.
021. Mereka memakai pakaian sutera halus yang hijau dan sutera tebal dan dipakaikan kepada mereka gelang terbuat dari perak, dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih.
022. Sesungguhnya ini adalah balasan untukmu, dan usahamu adalah disyukuri (diberi balasan).

Wallahu a'lam bi showab


Manusia yang Berarti dan Berguna bagi Sesama

Angelina Jolie adalah sebuah contoh yang bukan main-main lagi, dia adalah selebriti Hollywood! Seorang yang tentu saja bukan muslim (tapi Budha), tapi dia bisa memberi kita contoh lewat kehidupan sehari-harinya, bagaimana dia berbagi dengan sesamanya dan menjadi seorang ibu yang luar biasa untuk anak-anaknya sekaligus sebagai isteri Brad Pitt.

Anda tahukan Brad Pitt??! Bintang Hollywood papan atas, sosoknya pendiam dan cool, sama persis sosok Johnny Depp aktor fave saya (yang di Pirates Carribean). Sama dengan Johnny, Brad juga suka melakukan hal-hal sosial, menurut kabar berita hal inilah yang membuat Angelina tertarik kepada Brad. Menurut kabar terakhir si Brad ini masuk Islam kemudian juga Angelina. Mereka masuk Islam saat kunjungan ke Namibia (Afrika). Itu hanya sedikit informasi, kebenarannya bagaimana masih belum jelas. 

Apakah ini semua propaganda??! Persetan dengan propaganda (manusia tidak berguna kalian) haha...

Islam doesn't need Angelina & Brad or any other one, we all need it.

Angelina Jolie... Tidak hanya cantik, tetapi sebuah jiwa yang begitu indah dan penuh kasih... jiwa yang penuh berkah!! Berharap saja akan ada lebih banyak orang-orang di dunia ini yang seperti Angelina Jolie yang tidak hanya sekedar cantik...

Semoga ini berguna dan menginspirasi kita semua untuk membantu kita semua dalam membuka hati untuk mengasihi sesama tanpa batas dan penuh keikhlasan.

Angelina Jolie saat 2005, dan saat menyambangi korban banjir di Pakistan, 7 September 2010.















.

.
.
◄ Newer Post Older Post ►