Jumat, 13 November 2009

Transfer data dari MS Excel ke MS Access

Referensi by Eko Indriyawan
Tujuan
Mengajarkan kepada Delphier untuk melakukan proses transfer data dari MS Excel ke MS Access.
Overview
Melakukan proses transfer data dari database MS Excel ke database MS Access sebenarnya bukanlah suatu hal yang sulit untuk kita lakukan. Disini anda akan diajarkan melakaukan proses transfer data itu dengan contoh yang sederhana sehingga mudah untuk delphier pahami dan praktekkan secara langsung.
Apa yang diperlukan ?
Tentu saja yang diperlukan untuk tutorial kali ini adalah file untuk database MS Excel dan MS Access. File-file tersebut sudah disertakan didalam program contoh yang sudah siap untuk anda download secara gratis. Selain itu yang diperlukan adalah query untuk proses transfer data. Query ini dibuat didalam database MS Access dan sudah disediakan, sehingga anda tinggal menggunakannya.
Info
Pembahasan dalam artikel ini masihlah sangat sederhana, sehingga anda bisa mengembangkan sendiri sesuai dengan kebutuhan anda.
Info tambahan
Didalam artikel ini anda akan diajarkan tentang menghandle error system akibat dari proses koneksi yang gagal.
ADO merupakan komponen yang digunakan untuk melakukan proses koneksi ke database. Apabila proses koneksi gagal dilakukan, maka secara otomatis pada program kita akan muncul pesan error yang dikeluarkan dari sistem. Kalau sudah seperti ini maka program kita akan kelihatan kurang mantab. Kenapa dikatakan kurang mantab? karena program yang kita buat tadi belum bisa menghandle error.
Didalam pembahasan artikel ini anda akan diajarkan juga tentang cara untuk menghandle error tersebut dengan menggunakan EOleException yang mana error tersebut sudah dideklarasikan di library ComObj.
Harapan
Dari tutorial ini diharapkan para Delphier bisa mendapatkan wawasan baru dalam dunia programming. Dengan tutorial ini juga, diharapkan para delphier bisa mendapatkan inspirasi baru dalam mengembangkan proses transfer data yang lebih kompleks.
Pesan
Selamat mencoba artikel ini dan semoga berhasil. Amin…
Informasi
Ada beberapa masukan dan keluhan dari teman – teman, bahwa ada beberapa program contoh tidak bisa dijalankan dari delphi 7. Hal ini dikarenakan program contoh dibuat dengan menggunakan Delphi 2007 for win32.
Apabila anda menggunakan D7, sebaiknya anda mengikuti pandauan dari langkah – langkah yang sudah diberikan.
Atas perhatiannya, saya mengucapkan banyak terimakasih.
Tutorial
Download
Klik disini untuk mendapatkan contoh kode programnya
Klik disini untuk mendapatkan video tutorialnya
◄ Newer Post Older Post ►